SOLOPOS.COM - Ilustrasi personel Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri. (Antara-Ariesanto)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Densus 88 Antiteror Polri rupanya tidak hanya melakukan penangkapan terhadap terduga teroris di wilayah Jawa Tengah (Jateng), Senin (14/2/2022). Densus 88 juga mengamankan satu orang terduga teroris di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Terduga teroris asal Gunungkidul yang diamankan Densus 88 itu adalah RY, 45, warga Dusun Jimbaran, Tambakromo, Ponjong. Ia ditangkap saat berangkat untuk mengajar di sebuah sekolah dasar (SD) di Kota Wonosari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tokoh masyarakat Jimbaran, Kalurahan Tambakromo, Suharto, mengaku ikut menyaksikan penggeledahan rumah RY oleh Densus 88 Antiteror Polri. Proses penggeledahan rumah terduga teroris di Gunungkidul itu dilakukan pada Senin siang, seusai azan zuhur.

Baca juga: Densus 88 Ringkus 4 Terduga Teroris di Jateng, Ini Lokasinya

“Awalnya tidak tahu karena petugas yang datang mengaku sebagai anak kuliah kerja nyata [KKN]. Tapi setelah itu menggeledah rumah milik yang bersangkutan,” kata Suharto, Senin sore.

Dia menjelaskan, pengeledahan juga disaksikan Kepala Dusun Jimbaran. Sedangkan, dari pihak keluarga disaksikan oleh istri serta kedua orang tua RY. “Berlangsung cepat karena penggeledahan berlangsung kurang dari satu jam,” katanya.

Harto menambahkan, saat penggeledahan RY sudah tidak ada di rumah sehingga tidak menyaksikan proses tersebut. “Pagi tadi saya melihatnya berangkat mengajar ke SD di Wonosari. Kemungkinan, ia diamankan pada saat menuju sekolah tempatnya bekerja,” ungkapnya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Kepala Dusun Jimbaran, Suparno. Menurut dia, RY berprofesi seorang guru dan memiliki empat anak. “Anak pertama dan kedua sekolah di pondok pesantren di Sukoharjo [Jateng]. Sedangkan anak ketiga masih SD dan yang bungsu berusia kurang dari satu tahun,” katanya.

Baca juga: Terduga Teroris yang Ditangkap Densus di Sragen Ternyata Tukang Cukur

Dia menjelaskan, usai penggeledahan petugas mengamankan barang bukti sejumlah buku dan majalah yang berisi tentang keagamaan. Selain itu, juga diamankan laptop serta sebuah panah dalam kondisi rusak.

“Petugas yang datang banyak. Ada belasan karena ada delapan mobil dengan pelat nomor B,” katanya.

Suparno mengaku kaget dengan penangkapan salah satu warganya tersebut. Untuk keseharian, RY sangat baik dan layaknya warga lain di Jimbaran. “Rumah saya dengan RY hanya berjarak 30 meter. Kesehariannya, usai pulang mengajar mencari rumput untuk pakan ternak,” katanya.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Densus 88 Antiteror juga melakukan penangkapan terduga teroris di Jateng pada Senin ini. Total ada empat terduga teroris yang diamankan Densus 88 di berbagai wilayah di Jateng, yakni Kabupaten Batang, Sukoharjo, dan Sragen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya