SOLOPOS.COM - Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, saat berada di Pasar Mama-Mama, Jayapura, Papua, Minggu (3/10/2021). (Instagram)

Solopos.com, PAPUA –– Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, tidak hanya memberikan dukungan kepada atlet Jatim yang berlaga di PON XX/2021 saat berada di Papua. Orang nomor satu di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim itu juga menyempatkan diri memborong noken.

Dikutip dari detik.com, noken merupakan tas tradisional masyarakat Papua yang dibawa menggunakan kepala dan terbuat dari serat kulit kayu. Khofifah memborong noken khas Papua di Pasar Mama-Mama Papua, Kota Jayapura.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ada belasan noken yang diborong Khofifah. Rencana, noken ini akan dibagikan ke sejumlah kawan yang memesan oleh-oleh.

Baca juga: Viral Video Suami Dekap Istri, Gubernur Khofifah: Semangat Vaksinasi

Ekspedisi Mudik 2024

“Teman-teman saya banyak mengetahui saya ada di Jayapura. Beberapa di antaranya ada yang minta dibawakan oleh-oleh khas Papua,” ungkap Khofifah, Senin (10/4/2021).

Tak hanya noken, Khofifah juga memborong berbagai oleh-oleh khas Papua. Seperti pisang kepok merah, hingga sarang semut dan balsem pala khas Papua Barat. Balsem yang termasuk bahan kosmetik itu memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Produk ini juga merupakan hasil kerja sama Badan usaha Milik Kampung (BUMK) di Kabupaten Fak-Fak, Papua Barat.

Menurut Khofifah, aksinya ini merupakan bagian dari upaya mendorong pemulihan perekonomian masyarakat, serta menyemangati mama-mama penjual di pasar yang terdampak Pandemi Covid-19.

Di Pasar Mama-Mama Papua, Gubernur Khofifah juga terlihat begitu menikmati suasana. Khofifah sempat bercengkrama dan mengajak para pedagang berbincang.

Tak hanya itu, Khofifah juga membagikan kue Spikoe khas Surabaya, Jawa Timur. Khofifah mengatakan, kunjungannya ke Pasar Mama-Mama Papua ini bukan yang pertama. Hal ini terlihat dari banyaknya penjual yang cukup banyak mengenal Khofifah sebagai menteri.

“Setiap kali berkunjung ke Jayapura, dan wilayah Papua lainnya saya selalu menyempatkan diri untuk datang ke Pasar Mama-Mama. Biasa saya cari pisang kepok merah yang manis gurih. Dulu kondisi pasar ini tidak seperti sekarang, jauh berbeda karena sudah diperbaharui sekitar 2 tahun belakangan,” imbuhnya.

Baca jugaHadiri Pembukaan PON Papua, Begini Respons Gubernur Ganjar

 

View this post on Instagram

 

A post shared by khofifah indar parawansa (@khofifah.ip)

Sebelum beranjak, Khofifah menulis di atas kertas putih yang diminta salah satu pedagang. Sebuah kalimat yang mengungkapkan rasa bahagia bisa berbelanja di Pasar Mama Papua serta harapan doa agar Papua bisa berjaya terus.

Seorang pedagang, Agustina Mote, 51, mengaku senang barangnya dibeli orang nomor satu di Jatim tersebut. Ia pun tidak menyangka jika bisa bertatap muka langsung dengan Gubernur Jatim, Khofiah Indar Parwansa, yang juga mantan Menteri Sosial itu.

“Tadi Ibu Gubernur beli tas noken seharga Rp300.000 dan sarang semut Rp100.000. Saya sangat senang karena hari ini belum ada pembeli. Setelah Ibu Khofifah datang, baru dapat uang. Lumayan Rp400.000,” ungkapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya