SOLOPOS.COM - Ponsel Huawei. (Gsmarena.com)

Solopos.com, SOLO – Perusahaan teknologi asal China, Huawei akhirnya benar-benar tak bisa memakai layanan yang dikembangkan perusahaan terknologi asal Amerika Serikat (AS). Google menjadi salah satu di antaranya.

Hal ini dikonfirmasi Direktur Hukum Android & Google Play, Tristan Ostrowski. Google kini resmi tak dapat mensertifikasi ponsel Huawei baru untuk mendukung aplikasinya.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Diluncurkan di Prancis Akhir Maret, Huawei P40 Bakal Laris?

“Google dilarang bekerja sama dengan Huawei untuk perangkat baru ataupun menyediakan aplikasi Google termasuk Gmail, Maps, YouTube, Play Store dan lainnya untuk diinstal dan diunduh di perangkat tersebut [Huawei],” ujar Tristan dalam postingan blog resmi Android, dilansir dari The Verge.

“Karena batasan pemerintah, perangkat baru Huawei yang meluncur setelah 16 Mei 2019 tidak bisa menggunakan proses keamanan Google,” tuturnya.

Google pun memperingatkan pengguna ponsel Huawei keluaran terbaru, contohnya P40 dan P40 Pro soal bahaya jika mereka tak mengunduh aplikasi Google dari pihak ketiga.

Anjlok! Huawei P40 Bakal Lebih Murah Dibanding P30

Jika pengguna memaksa untuk menyusupkan aplikasi-aplikasi tersebut ke dalam perangkat yang tidak tersertifikasi, Google tak bisa menjamin apakah aplikasi yang disusupkan tersebut merupakan aplikasi asli yang bersih dari malware.

“Aplikasi Google yang di-sideload tak akan bekerja dengan benar karena kami tak mengizinkan layanan ini untuk berjalan di perangkat yang tak tersertifikasi di mana keamanannya tidak terjamin,” tambah Tristan.

Dikira Terjangkit Virus Corona, Ternyata Ini yang Diderita Karyawan Huawei Asal China

Huawei sendiri telah mengisyaratkan untuk mengganti Android dengan OS buatannya sendiri. Huawei perlahan mengganti layanan Google dengan perusahaan-perusahaan lain seperti TomTom, untuk peta dan navigasi pada perangkat ponselnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya