Tak Ada Tilang di Operasi Patuh Candi 2021 Klaten Tapi...

Pola operasi yang awalnya 80 persen preemtif/preventif dan 20 persen penegakan hukum diubah menjadi 100 persen tindakan simpatik.
Tak Ada Tilang di Operasi Patuh Candi 2021 Klaten Tapi...
SOLOPOS.COM - Aparat keamanan menggelar apel Operasi Patuh Candi 2021 di Mapolres Klaten, Senin (20/9/2021). (Istimewa/Dokumentasi Polres Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Operasi Patuh Candi 2021 mulai bergulir di Klaten Senin (20/9/2021) dan akan berlangsung hingga Minggu (3/10/2021). Sepanjang operasi tersebut, polisi memprioritaskan edukasi ke pengguna jalan tentang menaati peraturan lalu lintas dan protokol kesehatan (prokes).

Pada Senin pagi, sejumlah aparat keamanan telah mengikuti apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2021 di kompleks Mapolres Klaten. Apel dipimpin langsung Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo.

Apel di antaranya diikuti anggota Polres Klaten, anggota Kodim Klaten, petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten.

Baca juga: Kisah Heroik Petugas Palang Pintu Rel KA Selamatkan Orang Hendak Bunuh Diri di Klaten

Dalam amanatnya, Kapolres Klaten menyampaikan pesan Kapolda Jateng, yakni pola operasi yang awalnya 80 persen preemtif/preventif dan 20 persen penegakan hukum diubah menjadi 100 persen tindakan simpatik.

“Pemerintah kembali memberikan kelonggaran untuk masyarakat [untuk bepergian]. Syaratnya, harus sudah vaksinasi guna mencegah persebaran virus corona. Kami akan memedomani prokes,” kata Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, di sela-sela apel Operasi Patuh Candi 2021.

Dilakukan Secara Simpatik

Hal senada dijelaskan Kasatlantas Polres Klaten, AKP Abipraya Guntur Sulastiasto. Menurut dia, sebanyak 300 anggota polisi akan dikerahkan guna mendukung Operasi Patuh Candi 2021 di Kabupaten Bersinar.

“Jadi, Operasi Patuh Candi 2021 tidak ada penindakan [penilangan]. Sepanjang operasi ini bersifat mengedukasi tentang kepatuhan berlalu lintas dan prokes selama masa pandemi Covid-19. Operasi kali ini dilakukan secara simpatik,” katanya.

Baca juga: Pemuda Klaten Ditemukan Gantung Diri di Pohon Rambutan

Sebelumnya, Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan di Klaten masih terdapat penambahan tiga kasus Covid-19 dan dua penambahan kasus kematian karena virus corona pada Minggu (19/9/2021).

Di hari yang sama, juga terdapat 10 pasien Covid-19 di Klaten yang dinyatakan sudah sembuh oleh tim medis.

“Jumlah kasus kumulatif Covid-19 di Klaten mencapai 34.586 kasus. Sebanyak 86 orang menjalani perawatan/isolasi. Sebanyak 31.602 orang dinyatakan sembuh. Sebanyak 2.898 orang telah meninggal dunia,” kata Cahyono Widodo.

Baca juga: Alhamdulilah, 4 Kecamatan di Klaten Ini Sudah Zero Covid-19

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago