SOLOPOS.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo telah menyiapkan gedung isolasi terpusat jika ada temuan pelajar yang terpapar Covid-19 di Ndalem Priyosuhartan Jl. Perintis Kemerdekaan, Laweyan, Solo. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Tempat isolasi terpusat atau isoter untuk pemudik yang positif Covid-19 telah disediakan oleh Pemkot Solo di Dalem Priyosuhartan, Jl Perintis Kemerdekaan, Bumi, Laweyan, Solo.

Namun demikian, hingga lewat libur Natal, Senin (27/12/2021), tempat isolasi itu masih kosong. Hal itu diduga karena tidak ada temuan pemudik yang positif Covid-19.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo, Nico Agus Putranto, menjelaskan petugas bersiaga di tempat isolasi terpusat Dalem Priyosuhartan selama 24 jam tiap hari. “Kondisi gedung masih kosong,” ujarnya kepada Solopos.com, Senin.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Lokasi Rawan Macet Kota Solo Jelang Malam Tahun Baru

Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com, Satgas Jaga Tangga di berbagai wilayah Kota Solo terus mendata pelaku perjalanan atau pemudik yang tiba di Kota Bengawan maupun yang akan melakukan perjalanan ke luar wilayah Soloraya.

Salah satunya dilakukan Lurah Jebres, Kecamatan Jebres, Lanang Aji Laksito, dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Jebres Aiptu Timbul Prihatno. Mereka mendatangi dua keluarga pemudik di RW 005 Kelurahan Jebres setelah mendapatkan laporan dari Satgas Jaga Tangga setempat.

Edukasi Prokes

Masing-masing keluarga ada empat orang yang melakukan perjalanan dari Jawa Barat. Lurah dan Bhabinkamtibmas meminta klarifikasi apakah pemudik yang datang ke Solo tersebut telah divaksinasi Covid-19 dan membawa bukti hasil tes negatif Covid-19.

Baca Juga: Bravo! 19 Hari Solo Tanpa Tambahan Kasus Covid-19

Kemudian Lurah memberikan edukasi terkait prokes Covid-19 kepada warga. Sedangkan Bhabinkamtibmas menempel stiker di rumah pemudik sebagai tanda pelaku perjalanan atau pemudik dari luar Soloraya tersebut telah didata.

Lanang menjelaskan pendataan itu sesuai Surat Edaran Wali Kota Solo tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dan pencegahan penanggulangan Covid-19 pada Natal 2021 dan Tahun baru 2022.

Baca Juga: Mal di Solo Banjir Pengunjung, Paling Ramai Foodcourt dan Toko Fashion

“Kami mohon info kepada RT/RW jika ada pemudik. Sekarang ini Jebres nol kasus. Sehingga diharapkan walaupun ada pemudik datang sesuai syarat. Jangan sampai ada pemudik yang datang tanpa swab menambah kasus baru di Jebres,” paparnya.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Pajang, Laweyang, Aipda Slamet Widodo, menjelaskan ada dua keluarga yang tiba di Kelurahan Pajang. Total orang pemudik ada empat orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya