SOLOPOS.COM - Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak (kiri) bersama Ketua Senkom Mitra Polri Solo, Kevin Fabiano, menyampaikan hasil audiensi jelang Pilkada Solo di Mako II Polresta Solo, Senin (30/11/2020) siang. (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO -- Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak memastikan Kota Solo dalam suasana kondusif pascapemungutan dan perhitungan suara Pilkada 2020, Rabu (9/12/2020).

Pelaksanaan protokol kesehatan berjalan dengan baik serta tidak ditemukan konvoi kendaraan untuk merayakan kemenangan salah satu pasangan calon.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapolresta mengatakan dalam pengamanan pemungutan suara ia menerjunkan 750 personel gabungan. Mereka berasal dari BKO Ditsamapta Polda Jateng, Brimob Polda Jateng, dan TNI yakni Kodim 0735 Solo, Korem 074 Warastratama, dan Batalion 408.

Pilkada Sukoharjo: EA Unggul di 8 Kecamatan, Joswi 3 Kecamatan, 1 Kecamatan Imbang

Menurut Kapolresta Solo, tim khusus yang menjelang pemungutan suara Pilkada Solo 2020, yakni Tim Pengurai Kerumunan (TPK) intensif memantau potensi kerumunan di TPS maupun sekitar TPS.

“Hingga saat ini tidak terjadi kerumunan, protokol kesehatan dilaksanakan. Kami sudah berkoordinasi dengan tim pemenangan telah bekerja sama dengan baik. Saya ucapkan terima kasih kepada warga Solo serta tim pemenangan kedua pasangan calon, situasi Solo berlangsung kondusif,” paparnya kepada Solopos.com yang menghubunginya, Rabu.

Kapolresta menambahkan sempat ada beberapa warga yang hendak berkonvoi di kawasan Kerten dan Kajen. Namun, aksi itu langsung dibubarkan sebelum konvoi sempat berlangsung.

Raup 86,45% Persen Suara Pilkada Solo 2020, Gibran-Teguh Gagal Tumbangkan Rekor Jokowi-Rudy

Menimbulkan Kerumunan

Ia menegaskan sudah menggandeng Satgas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebelum konvoi berlangsung. Kapolresta menyebut sebelum pemungutan suara Pilkada Solo, kepolisian telah berkoordinasi dengan kedua tim pemenangan pasangan calon.

Ia menegaskan tidak menginginkan adanya perayaan kemenangan, konvoi, atau kegiatan yang menimbulkan kerumunan.

“Tidak ada perayaan kemenangan seusai hitung cepat dengan cara konvoi, pengerahan massa, dan kegiatan lain yang berpotensi membuat kerumunan. Alhamdulillah secara keseluruhan semua proses berjalan baik sesuai rencana,” imbuhnya.

Hasil Real Count Pilkada Sukoharjo Versi Joswi: EA Unggul Sangat Tipis, Ini Angkanya

Sebagaimana diinformasikan, ratusan ribu warga Solo menyalurkan hak pilih mereka di TPS-TPS, Rabu (9/12/2020). Pelaksanaan pemungutan suara menerapkan protokol kesehatan secara ketat mengingat pandemi Covid-19 masih mengancam.

Berdasarkan hasil penghitungan sementara berbagai pihak, pasangan calon wali kota-calon wakil wali kota dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dari PDIP unggul atas lawannya.

Dalam pilkada ini, Gibran-Teguh berhadapan dengan Bagyo Wahyono-FX Supardjo yang diusung Tikus Pithi Hanata Baris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya