SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono (kanan) melantik kepala desa pengganti antar waktu (PAW) Desa Alastuwo, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar, Sugimin (kanan), di balai desa setempat, Senin (5/12/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemkab Karanganyar memastikan akan melantik 11 calon kepala desa terpilih pada 28 Desember 2022. Hal ini menyusul tak adanya gugatan yang masuk terkait pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 9 November 2022 lalu.

Kepala Bidang (Kabid) Aparatur Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Karanganyar, Anung Dharmawan, mengatakan pilkades berjalan lancar. “Baik pilkades serentak di 11 desa maupun pilkades pengganti antar waktu atau PAW [di Desa Alastuwo, Kecamatan Kebakkramat 23 November 2022] lancar. Tidak ada gugatan,” ujarnya di sela-sela pelantikan Kades PAW Alastuwo di balai desa setempat, Senin (5/12/2022).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Oleh sebab itu, rencana pelantikan kades 11 desa tetap dijalankan sesuai rencana, yakni 28 Desember 2022.

Ekspedisi Mudik 2024

Seperti diketahui,   11 desa yang menggelar pilkades serentak ada di tujuh kecamatan. Di anaranya Petung dan Wonokeling di Kecamatan Jatiyoso, Ngadiluwih di Kecamatan Matesih. Lalu, Harjosari dan Tohkuning di Kecamatan Karangpandan,  Dukuh di Kecamatan Ngargoyoso. Berikutnya, Ngijo di Kecamatan Tasikmadu, Buntar dan Kaliboto di Kecamatan Mojogedang, Klodran dan Blulukan di Kecamatan Colomadu.

Baca Juga: Eks Dirut BKK Tasikmadu Terpilih Jadi Kades Alastuwo Karanganyar

Sedangkan Pilkades PAW Alastuwo dimenangkan Sugimin. Ia dilantik Senin ini. Dalam pelantikan itu Bupati Karanganyar, Juliyatmono, berpesan agar Sugimin amanah dalam menjalankan tugas. “Kepala desa itu harus siap melayani masyarakat 24 jam dalam sehari,” ujarnya.

Sugimin akan menjabat Kades Alastuwo hingga Maret 2025. Ia melanjutkan jabatan kades sebelumnya, Agung Wiyanto, yang meninggal dunia. Sugimin mengaku siap melanjutkan program pembangunan desa yang sudah berjalan.

“Insha Allah saya siap melanjutkan program yang sudah ada. Di antaranya adalah pembangunan infrastruktur, sarana, dan prasarana. Kami akan coba untuk mencari sumber dana aspirasi wakil rakyat di Provinsi Jawa Tengah,” ujarnya seusai pelantikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya