SOLOPOS.COM - Wahan river tubing di Desa Wisata Taman Watu Gambir Desa Karang, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar. (Instagra,/@watugambir.park)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar akan meluncurkan tujuh desa wisata di Bumi Intanpari pada 2022. Pada Selasa (15/3/2022) lalu, Pemkab meluncurkan Desa Wisata Sewu Kembang di Kampung Nglurah, Kelurahan Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu.

Rencananya, Kamis (17/3/2022) ini Pemkab juga akan meluncurkan Desa Wisata Rumpun Hijau di Desa Matesih, Kecamatan Matesih.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Wisata pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Teguh Haryono, mengatakan setelah peluncuran Desa Wisata di Matesih ini akan ada lima lagi desa wisata lain yang akan diluncurkan.

Baca Juga: Tak Cuma Tanaman Hias, Ini Daya Tarik Lain Dusun Nglurah Tawangmangu

“Setelah kampung wisata Sewu Kembang di Nglurah, Tawangmangu akan disusul peluncuran Desa Wisata Rumpun Hijau di Matesih dan lima desa wisata lain di 2022 yang akan kami luncurkan,” ujarnya, Kamis.

Pembentukan desa wisata ini merupakan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di kawasan wisata. Dengan harapan pengunjung wisata tidak hanya menuju destinasi wisata yang dikelola pihak swasta atau pemerintah, tetapi juga ke desa wisata yang dikelola BUMDes.

“Sehingga masyarakat desa tidak hanya jadi penonton, tetapi jadi pelaku usaha pariwisata dan ikut menikmati kemakmuran hasil pembangunan wisata,” imbuhnya.

Baca Juga: Ini Rute Menuju Kampung Wisata Sewu Kembang Nglurah Tawangmangu

Untuk pengembangan desa wisata ini, Pemkab juga akan melakukan pendampingan agar desa tersebut bisa berkembang seperti desa wisata di Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya