SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO—Penjualan tiket kereta api (KA) untuk long weekend pada libur Tahun Baru Hijriah mulai ramai diserbu pembeli.

Meski beberapa KA kelas eksekutif dan bisnis masih banyak yang kosong pada 23-27 Oktober mendatang.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Wakil Kepala Stasiun Solo Balapan, Jaja Raharja, mengatakan untuk keberangkatan pada 26 Oktober, baik KA kelas bisnis maupun eksekutif hingga saat ini sudah ludes terjual.

Untuk KA Senja Utama keberangkatan pada Kamis, Sabtu dan Senin (23, 25, 27/10), kursi yang kosong masih angka 200 sedangkan untuk keberangkatan pada Jumat (24/10) hanya tersisa 12 kursi.

KA kelas eksekutif, Argo Lawu dan Argo Dwipangga, kursi yang tersisa untuk Kamis, Jumat, Sabtu dan Senin (23-25, 27/10) hingga saat ini masih tersisa lebih dari 200 kursi.

Sedangkan untuk KA Gajayana dan Bima pada tanggal yang sama menyisakan sekitar 100-an kursi. Jaja menyampaikan untuk KA tujuan Bandung, hanya Lodaya Malam yang tiketnya sudah habis terjual pada Minggu (26/10). KA lainnya seperti Lodaya Pagi, Argo Wilis, Malabar, Turangga dan Mutiara Selatan masih banyak kursi tersisa pada tanggal yang sama.

Sebelum Libur

“Biasanya nanti H-2 sebelum long weekend tiket KA, bisnis maupun eksekutif, hanya tinggal beberapa. Kemudian H-1 keberangkatan biasanya sudah habis,” ungkap Jaja saat ditemui wartawan di tempat layanan Customer Service (CS) Stasiun Solo Balapan, Senin (13/10/2014).

Dia menerangkan tingginya minat masyarakat untuk keberangkatan Minggu karena bertepatan dengan hari libur regular. Namun diakuinya waktu habis tiket KA kali ini lebih cepat jika dibandingkan biasanya. Bagi penumpang yang tidak mendapat tiket untuk Minggu, biasanya akan berangkat pada Senin pagi.

Mengenai harga, Jaja menerangkan tidak libur panjang pun tarif yang dikenakan untuk Jumat-Minggu adalah menggunakan tarif batas atas, yakni Rp270.000 untuk KA bisnis dan Rp390.000 untuk KA eksekutif.

Sementara itu, Wakil Kepala Stasiun Purwosari, Suharyanto, menyampaikan animo masyarakat sangat tinggi untuk membeli tiket KA ekonomi. Menurut dia, tiket KA Bengawan sudah lama habis dipesan oleh calon penumpang.

Dia menerangkan tidak ada tiket KA tersisa hingga Senin. Tiket KA Jaka Tingkir juga habis untuk keberangkatan Kamis (23/10) dan Minggu sedangkan untuk Selasa (21/10) masih ada tiket tersisa. KA ini memang hanya dioperasikan pada Selasa, Kamis dan Minggu untuk mengakomodasi tingginya jumlah penumpang Solo-Jakarta.

“Mulai Minggu (12/10), rangkaian KA Jaka Tingkir ditambah. Sebelumnya satu rangkaian KA terdiri atas lima kereta tapi akan ditambah menjadi tujuh kereta sehingga kapasitas menjasi lebih banyak,” ujarnya. (Asiska Riviyastuti/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya