[ X ] CLOSE

TAHUN BARU 2014 : Solo Punya Car Free Night, di Klaten Juga Ada

TAHUN BARU 2014 : Solo Punya Car Free Night, di Klaten Juga Ada
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Car Free Night Solo (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATEN — Menyambut datangnya tahun baru 2014, Pemkab Klaten akan menggelar Car Free Night (CFN) pada Selasa (31/12/2014) malam. Seperti rute Car Free Day (CFD), ruas Jl. Pemuda Klaten akan ditutup mulai pukul 20.00 WIB hingga 01.00 WIB.

Kepala Bidang (Kabid) Lalulintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Klaten, Sumarsono, mengatakan CFN tersebut merupakan kali kedua yang diadakan Pemkab Klaten. “CFN pertama kami adakan pada malam pergantian tahun 2013, dan ini merupakan kali kedua. Sebab, saat CFN tahun lalu, antusiasme masyarakat cukup tinggi,” katanya kepada Solopos, Minggu (29/12/2013).

Ia menambahkan selama CFN berlangsung, jalan utama di pusat kota yakni Jl. Pemuda akan ditutup untuk kendaraan bermotor. Penutupan dilakukan mulai pukul 20.00 WIB pada Selasa (31/12/2013) hingga pukul 01.00 WIB pada Kamis (1/1/2013).

“Penutupan jalur utama Solo-Jogja untuk CFN sama seperti CFD. Jl. Pemuda akan ditutup selama lima jam mulai dari Pertigaan Bareng hingga Tugu Adipura. Selain itu, kami juga menutup sejumlah jalan kecil dan gang yang menjadi akses ke Jl. Pemuda. Nantinya jalan kecil itu digunakan sebagai kantong-kantong parkir,” ujarnya.

Sumarsono menambahkan meski ditutup pukul 20.00 WIB, pengalihan arus kendaraan yang akan memasuki jalan utama dilakukan beberapa saat menjelang penutupan. Hal itu, lanjut dia, untuk mengurai kepadatan arus pada jalur-jalur pengalihan. Sebab, ia memprediksi arus kendaraan akan meningkat karena banyaknya warga yang bakal merayakan pergantian tahun di luar rumah.

Saat penutupan jalur utama, kendaraan dari arah Solo menuju Jogja, akan dialihkan melalui Jl. By Pass hingga ke Pertigaan Tegalyoso. Sementara, kendaraan dari Jogja ke Solo bisa melalui jalur lingkar selatan.

“Jadi, kendaraan dari arah Solo yang menuju pusat kota Klaten, saat di Pertigaan Bareng akan dibelokkan melalui Jl. Dewi Sartika. Kemudian mengarah ke jalur alternatif melalui perkampungan warga,” imbuhnya. Terkait pengamanan CFN, pihaknya mengerahkan 50 personel untuk mengamankan arus lalulintas yang bekerja sama dengan Satlantas Polres Klaten.

Terpisah, Kabag Ops, AKP Kurniawan Ismail, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Nazirwan Adji Wibowo, mengatakan pengamanan saat pergantian tahun diutamakan di Alun-alun Klaten. Sebab, ia memprediksi lokasi itu menjadi pusat perayaan pergantian tahun sehingga terjadi penumpukan massa.

“Untuk pergantian tahun, kami mengerahkan personel untuk berpatroli dan menjaga keamanan di sejumlah titik saat CFN. Terutama di Alun-Alun Klaten yang kami prediksi terjadi kepadatan warga karena akan merayakan pergantian tahun dengan pesta kembang api,” katanya kepada wartawan akhir pekan lalu.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago