SOLOPOS.COM - Warga menikmati acara Car Free Night menjelang perayaan pergantian Tahun Baru 2014 di kawasan Benteng Vastenburg, Jl. Jendral Sudirman, Solo, Selasa (31/12/2013) malam. Acara yang dihadiri Wali Kota Solo dan pejabat Muspida tersebut berlangsung lancar dan aman. (Maulana Surya/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Perayaan tahun baru 2014 dirayakan dengan beragam cara. Di Solo pada saat malam tahun baru penjualan kondom justru naik 100%. Serupa dengan penjualan miras alias minuman keras yang juga jadi primadona.

Anak muda tidak hanya menyerbu beberapa tempat umum seperti Stadion Manahan, taman kota, car free night, maupun tepi-tepi jalan besar di pusat kota untuk merayakan malam pergantian tahun. Menjelang pergantian tahun, mereka pun membanjiri minimarket dan apotek. Kondom dan minuman beralkohol menjadi perimadona di tempat tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut petugas salah satu apotek di Jl. Ahmad Yani, Pabelan, Sukoharjo, Olivia, tejadi peningkatan pembelian kondom sebesar 100 persen menjelang pergantian tahun. “Hari biasa biasanya terjual 10 buah, tapi hari ini bisa sampai 20 buah. Nanti biasanya akan meningkat lagi setelah jam 24.00 WIB,” terangnya ketika ditemui Espos sebelum pergantian tahun, Selasa (31/12) malam.

Ekspedisi Mudik 2024

Olivia menjelaskan setiap pergantian tahun terjadi peningkatan pembelian kondom di apotek tempatnya bekerja. Di apotek lain, terjadi hal yang serupa. Heri, salah satu penjaga di apotek yang juga berada di Jl. Ahmad Yani, Pabelan, mengatakan pembelian kondom meningkat 10 persen sebelum pergantian tahun tiba.

“Nanti ramainya setelah jam 23.00 WIB,” terang Heri. Ia memprediksi waktu pembeli ramai berdatangan karena peningkatan pembelian kondom terjadi setiap pergantian tahun. “Setiap tahun ya seperti ini,” terang Heri. Ia menjelaskan pembeli kondom tidak hanya berasal dari kalangan muda, tapi juga orang tua.

Tidak hanya kondom, minuman beralkohol pun menjadi incaran ketika perayaan pergantian tahun. Penjaga minimarket di Jl. MT Haryono, Manahan, Didi, mengatakan pembelian minuman beralkohol meningkat pada malam pergantian tahun. “Ramai sejak jam 23.00 WIB sampai sekarang [pukul 02.00 WIB],” ujarnya.

Namun, Didi tidak tahu pasti jumlah peningkatan pembelian minuman beralkohol di minimarketnya.

Minimarket di Jl. Adisucipto pun ramai oleh pengunjung setelah malam pergantian tahun usai. Menurut penjaga minimarket, Indra, salah satu barang yang laris manis adalah minuman beralkohol. “Selain air mineral dan makanan ringan, minuman beralkohol yang paling laku,” jelas Indra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya