SOLOPOS.COM - Petugas memeriksa bagasi mobil saat operasi gabungan untuk pengamanan menjelang perayaan malam Tahun Baru di Terminal Bejen, Minggu (29/12/2013) malam. (Bony EW/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR – Perayaan malam Tahun Baru di Karanganyar dipusatkan di tiga lokasi yakni Alun-alun Karanganyar, Taman Pancasila dan kawasan Tawangmangu. Ketiga lokasi tersebut mendapat prioritas utama pengamanan dari pihak kepolisian saat perayaan malam Tahun Baru.

Dipastikan warga Karanganyar dan sekitarnya bakal menghabiskan malam pergantian tahun di ketiga lokasi tersebut. Taman Pancasila dan Alun-alun Karanganyar masih menjadi lokasi idola masyarakat Bumi Intanpari untuk merayakan malam pergantian tahun. Sementara kawasan Tawangmangu menjadi tempat favorit terutama warga luar Karanganyar saat perayaan malam Tahun Baru. Malam pergantian tahun di ketiga lokasi itu akan dimeriahkan pesta kembang api.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Petugas gabungan langsung menggelar operasi untuk mengantisipasi tindak kejahatan menjelang perayaan malam Tahun Baru di Terminal Bejen, Minggu (29/12/2013) malam.

Petugas gabungan terdiri dari anggota Polres Karanganyar, anggota Kodim 0727/Karanganyar, petugas Dishubkominfo Karanganyar dan Satpol PP Karanganyar. Operasi itu juga melibatkan petugas bersenjata lengkap. Selain surat kelengkapan kendaraan bermotor, petugas gabungan juga memeriksa bagasi mobil dan barang bawaan pengguna kendaraan bermotor.

Kabag Ops Polres Karanganyar, Kompol I Komang Budayana, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Martirenni Narmadiana, mengatakan operasi tersebut digelar untuk mengantisipasi tindak kriminalitas menjelang malam pergantian tahun. Sasaran utamanya adalah barang-barang yang kerap dipakai para pelaku kejahatan seperti senjata api (senpi) dan senjata tajam (sajam).

“Kami ingin memberikan rasa aman kepada masyarakat menjelang dan selama perayaan malam Tahun Baru,” katanya saat ditemui wartawan, Minggu malam.

Operasi gabungan juga dilaksanakan di wilayah perbatasan dengan daerah lain seperti di sekitar Palur dan Kebakkramat. Petugas akan menggeledah setiap bagasi mobil yang tengah melewati kawasan tersebut.

Para pengguna kendaraan bermotor yang melanggar aturan seperti tak membawa surat kelengkapan kendaraan bermotor langsung diberi tilang. Saat operasi gabungan tersebut, puluhan pengendara sepeda motor diberi tilang lantaran tak membawa surat kelengkapan kendaraan bermotor. “Jadi tak hanya bagasi mobil yang diperiksa, jok sepeda motor juga tak luput dari pemeriksaan petugas,” papar dia.

Sementara Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Suwarsi, menyatakan arus lalu lintas menuju kawasan Tawangmangu akan diberlakukan searah pada perayaan malam Tahun Baru. Langkah ini dilakukan untuk mengurau kemacetan arus lalu lintas di jalur Tawangmangu. Pasalnya, dipastikan volume kendaraan bermotor di jalur Tawangmangu bakal meningkat saat malam pergantian tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya