SOLOPOS.COM - Tarian Kethek Ogleng. (wonogirikab.go.id)

Solopos.com, WONOGIRI — Tahukah kamu? Tari Kethek Ogleng diciptakan oleh seseorang dari Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Orang yang disebut sebagai pencipta Tari Kethek Ogleng itu Darjino. Kemudian, Tari Kethek Ogleng disebut-sebut disempurnakan oleh Suwiryo. Laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan pada kebudayaan.kemendikbud.go.id menjelaskan soal Tari Kethek Ogleng.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : Kisah Pertengkaran Bersaudara di Tarian Kethek Ogleng Wonogiri

“Kethek Ogleng adalah nama tarian yang diciptakan seorang warga Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah bernama Darjino yang kemudian disempurnakan oleh Suwiryo,” tulis pada laman tersebut seperti dilansir Solopos.com pada Jumat (25/3/2022).

Di tangan Suwiryo, gerakan tariannya diubah lagi hingga menyerupai gerakan-gerakan kera. Ternyata, gerakan tersebut sangat digemari masyarakat. “Setelah Suwiryo meninggal tarian itu diteruskan Sukijo hingga sekarang dan menjadi salah satu ikon Kabupaten Wonogiri,” imbuh tulisan tersebut.

Baca Juga : Cokek Puri Laras Pucung Wonogiri, Gabungkan Campursari dan Seni Tretek

Sayangnya, unggahan tersebut tidak menjelaskan secara detail kapan Tari Kethek Ogleng diciptakan. Cerita dalam Tari Kethek Ogleng diilhami dari Legenda Panji yang di dalamnya terdapat cerita tentang kethek (kera).

“Tarian ini sangat digemari oleh masyarakat hingga akhirnya meyebar ke seluruh kecamatan di Kabupaten Wonogiri dan menjadi ikon dari kabupaten ini [Wonogiri],” lanjutnya.

Baca Juga : Angkat Kesenian di Tengah Pandemi Covid-19, Karang Taruna Doho Wonogiri Gelar Lomba

Bagi masyarakat Wonogiri, kesenian Kethek Ogleng difungsikan sebagai kesenian rakyat pascapanen atau hiburan saat pesta hajatan, khitanan, nazar setelah sembuh dari sakit atau ketika berhasil mencapai sesuatu yang diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya