Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Tahukah Anda Kampus Pelopor Kuliah Online di Indonesia?

Tahukah Anda kampus di Indonesia yang menjadi pelopor kuliah online bahkan jauh sebelum pandemi Covid-19?
SHARE
Tahukah Anda Kampus Pelopor Kuliah Online di Indonesia?
SOLOPOS.COM - Kampus utama Universitas Terbuka (UT) Surakarta. (Solopos.com/dok)

Solopos.com, SOLO – Pandemi Covid-19 mengubah sistem pembelajaran di berbagai negara, termasuk Indonesia, yang awalnya offline menjadi online. Akan tetapi, jauh sebelum pandemi Covid-19 merebak, Universitas Terbuka (UT) termasuk di Surakarta sudah menerapkan sistem kuliah online, hlo.

UT adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Kampus ini memiliki empat fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk jenjang Diploma dan Sarjana.  Sejak 2004, UT membuka jenjang Magister pada Program Pascasarjana dan program doktor pada 2019.

Berbeda dengan kampus lainnya yang menerapkan pembelajaran tatap muka, UT justru memberlakukan sistem yang berbeda.

UT seperti yang berdiri di Surakarta menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi).

Selain itu, UT tidak memberikan batasan terhadap calon mahasiswa. Artinya, siapapun bisa kuliah tanpa perlu pusing memikirkan usia, tahun ijazah, dan lainnya.  Syarat mahasiswa UT adalah orang yang sudah tamat SMA atau sederajat.

Baca jugaa: Daftar Kuliah UT Surakarta saat Ngemal di Solo Paragon, Ini Caranya

Mahasiswa UT diharapkan dapat belajar secara mandiri. Kampus ini adalah pilihan terbaik bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah sambil bekerja maupun mengambil kursus lain.

Jika Anda berminat mendaftar di UT Surakarta, segala informasi yang diperlukan dapat diakses di laman berikut.

Calon mahasiswa juga bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan mengunjungi akun resmi media sosial UT Surakarta di  Twitter maupun Instagram.

Baca juga: UT Surakarta Punya Banyak Keunikan, Apa Aja Sih?

Pendaftaran mahasiswa baru dan registrasi matakuliah dilakukan setiap semester sesuai kalender akademik tahun berjalan. Kalender akademik dapat diakses pada laman UT atau dari UPBJJ-UT setempat.

Biaya kuliah di UT Surakarta tentunya cukup terjangkau, karena mahasiswa tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk menyewa indekos. Informasi terkait biaya kuliah di UT dapat dilihat di laman https://www.ut.ac.id/biaya-pendidikan/sarjana-diploma.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode