SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tokyo Disneyland (Youtube)

Tahukah Anda kali ini tentang perbedaan Disneyland, Disney World, dan Universal Studios.

Solopos.com, SOLO – Belakangan ini, khalayak Internet (netizen) digemparkan dengan kabar rencana pembangunan wahana wisata ala Disneyland di Boyolali, Jawa Tengah. Bupati Boyolali, Seno Samudro, mengatakan pembangunan wahana itu akan dimulai pada 1 September 2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meski belum mulai dibangun, beberapa waktu lalu netizen sudah sibuk menerka harga tiket masuk ke wahana hits tersebut. Setelah dibuat penasaran, akhirnya harga tiket masuk tersebut jauh lebih murah dibandingkan Disneyland di Hong Kong dan Jepang yang berkisar Rp1 juta.

Menurut Seno, harga tiket masuk wahana tersebut senilai Rp600.000. Meski jauh lebih murah, wahana yang rencananya segera dibangun itu menyisakan banyak tanda tanya.   

Ekspedisi Mudik 2024

Beberapa netizen bertanya-tanya seperti apakah penampakan “Disneyland” di Boyolali itu? Apakah sama seperti Disneyland Tokyo, Walt Disney Amerika Serikat (AS), atau malah seperti Universal Studios Singapura?

Mungkin banyak orang yang kesulitan membedakan ketiga tempat tersebut karena memiliki kemiripan. Padahal, ketiganya sangatlah berbeda. Penasaran seperti apa perbedaan ketiga wahana wisata hits di dunia itu? Simak ulasan yang khusus disajikan Solopos.com berikut ini:

Disneyland

Ilustrasi Tokyo Disneyland (Youtube)

Ilustrasi Tokyo Disneyland (Youtube)

Dikutip dari laman resmi Disney, Senin (17/4/2017), Disneyland merupakan wahana wisata Disney paling terkenal di dunia. Wahana ini kali pertama dibangun di Anaheim, California, AS, pada 18 Juli 1955 dengan nama Disney Park.

Tempat wisata ini dibangun atas ide Walter Elias Disney alias Walt Disney, seorang prodeser, sutradara,  sekaligus animator AS.

Walt Disney mendapat ide membangun Disneyland setelah berkunjung ke taman bermain anak-anak, Childern’s Fairyland di Oakland, California, AS. Setelah itu, ia ingin membuat taman bermain untuk keluarga yang aman dan menyenangkan, sebab selama itu belum ada wahana wisata yang bisa dinikmati semua kalangan.

Bermula dari mimpi itu, Walt Disney akhirnya membangun taman di dekat studionya dengan meletakkan patung tokoh Disney favorit.

Antusias masyarakat yang sangat besar membuatnya memperluas taman yang kemudian diberi nama Taman Mickey Mouse. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, atas usul seorang rekan dekatnya, ia akhirnya membeli lahan yang lebih luas untuk memabangun wahana wisata bernama Disneyland.

Sampai saat ini, wahana wisata tersebut masih menjadi salah satu favorit masyarakat di seluruh dunia. Di bawah pimpinan The Walt Disney Company, wahana Disneyland sukses dibangun di beberapa negara di dunia, seperti di California (AS), Paris (Prancis), Hong Kong (Tiongkok), Shanghai (Tiongkok), dan Tokyo (Jepang).

Adapun wahana yang menjadi daya tarik bagi pengunjung Disneyland adalah Istana Putri Aurora yang terkenal di film Sleeping Beauty, Istana Cinderella, Tomorrowland, serta Toy Story Land. Harga tiket masuk ke Disneyland itu berkisar antara Rp900.000 – Rp1,2 juta.

Walt Disney World

Ilustrasi Magic Kingdom di Disney World (Youtube)

Ilustrasi Magic Kingdom di Disney World (Youtube)

Walt Disney World alias Disney World merupakan wahana wisata yang dikembangkan The Walt Disney Company setelah proyek Disneyland sukses. Wahana yang dibangun di Florida, AS, diresmikan pada 1 Oktober 1971.

Daya tarik taman wisata ini terletak pada Magic Kingdom alias Istana Cinderella yang bisa dipakai untuk menginap.

Tempat ini dilengkapi dengan kolam renang super megah beserta berbagai wahana bermain yang seru.

Berbeda dengan Disneyland, Disney World ini merupakan taman wisata Disney dengan biaya termahal di dunia, dengan tiket masuk sekitar Rp3,7 juta.

Universal Studios

Ilustrasi Universal Studios Singapura (Youtube)

Ilustrasi Universal Studios Singapura (Youtube)

Dikutip dari laman Universal Studios, wahana wisata ini dibangun oleh NBCUniversal di Hollywood, AS, pada 15 Juli 1964.



Mirip seperti Disneyland yang bertema tentang tokoh kartun Disney, Universal Studios juga mengadopsi berbagai film yang diproduksi Universal Pictures, seperti Spiderman, Terminator, Snoopy, dan Jurrasic Park.

Berbagai karakter itu dihadirkan guna meramaikan wahana wisata tersebut.

Tak hanya itu saja, Universal Studios juga menghadirkan taman wisata air alias waterworld area. Kemegahan Universal Studios itu bisa dijelajahi di empat tempat, yakni Florida (AS), Hollywood (AS), Osaka (Jepang), dan Resort World Sentosa (Singapura).

Harga tiket masuk ke Universal Studio itu berkisar antara Rp700.000 – Rp1,3 juta. Keindahan wahana wisata ini bahkan disebut-sebut sebagai saingan berat Disneyland dan Seaworld Entertainment.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya