top ear
Sepeda motor Ferrari. (Detik.com)
  • SOLOPOS.COM
    Sepeda motor Ferrari. (Detik.com)

Tahukah Anda? Ferrari Pernah Bikin Sepeda Motor, Tapi Enggak Pernah Mengaspal

Ferrari pernah memproduksi sepeda motor namun tak pernah berjalan di jalanan.
Diterbitkan Kamis, 26/12/2019 - 13:25 WIB
oleh Solopos.com/Newswire
2 menit baca

Solopos.com, ROMA — Ferrari selama ini memang dikenal sebagai produsen super car atau mobil super asal Italia. Namun Tahukah Anda bahwa Ferrari pernah memproduksi sepeda motor?

Namun, sepeda motor bikinan Ferrari itu tak pernah mengaspal di jalanan. Sepeda motor tersebut hanya diproduksi sebagai karya seni dan selama ini hanya keluar masuk rumah lelang.

Terakhir, nilai lelang sepeda motor satu-satunya bikinan Ferrari itu laku US$308,281 atau sekitar Rp4,28 miliar. Sepeda motor Ferrari itu dibangun David Kay dari David Kay Engineering pada 1990-an atas izin tertulis dari putra Enzo Ferrari, yakni Piero Ferrari. Sepeda motor itu dibuat sebagai penghargaan kepada Enzo Ferrari.

Dikutip dari Detik.com, Kamis (26/11/2019), Kay adalah seorang ahli sepeda motor Italia dengan MV Agusta. Pria ini tahu segala hal tentang sepeda motor Italia yang diproduksi sebelum tahun 1998. Dengan segala keahlian dan pengetahuannya, Kay dipercaya membuat sepeda motor berlogo Ferrari.

Pada pengerjaannya, Kay tidak sendiri. Sepeda motor bermesin empat silinder DOHC 900cc dibuat khusus oleh Kay dari awal. Bagian bodi yang terbuat dari aluminium dan knalpot megaphone dibantu oleh Terry Hall. Suspensi upside down depan oleh Forcelle Italia. Velg 17 inci dari Australite lengkap dengan rem depan belakang dari Brembo.

Baca Juga: Prediksi Skor & Line Up Leicester City Vs Liverpool: Akankah The Reds Tumbang?

Sepeda motor Ferrari seberat 172 kg tersebut mampu mencapai kecepatan maksimal 265 km/jam. Dalam kondisi baru, tenaganya bisa mencapai 105 bhp pada 8.800 rpm. Sayang, Ferrari menegaskan tak memiliki ketertarikan untuk memproduksi sepeda motor itu secara masal.

Editor : Profile Ginanjar Saputra
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com
Kata Kunci : #Ferrari #sepeda motor

Properti Solo & Jogja

Iklan Baris

berita terkini