SOLOPOS.COM - Potret suasana Danau UNS setelah turun hujan, Senin (14/11/2022). (Solopos.com/Nabilla Alfa Aulia)

Solopos.com, SOLO — Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo memiliki sejumlah fasilitas ruang terbuka hijau yang cocok menjadi tempat bersantai maupun berdiskusi bersama teman-teman. Salah satunya Danau UNS yang terletak di kompleks Fakultas Pertanian atau sisi timur Rektorat UNS Solo. 

Nah, apa saja sih yang bisa dilakukan mahasiswa UNS Solo di Danau UNS? Kali ini Solopos.com akan mengulas Danau UNS yang dahulu sepi karena kotor, kini ramai dan menjadi salah satu tempat bagi mahasiswa untuk menyelenggarakan kegiatan, berdiskusi, maupun sekadar bersantai.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Danau UNS menjadi salah satu ruang terbuka hijau yang sering digunakan mahasiswa untuk bersantai dan berdiskusi bersama teman saat ini. Pesona Danau UNS tidak kalah dengan fasilitas ruang terbuka hijau lain di dalam kompleks UNS Solo. Danau UNS memberikan nuansa baru yang jauh dari kesan monoton karena ada bangku taman, pepohonan rimbun, kantin, dan gedung kecil dua lantai yang bisa dimanfaatkan untuk duduk lesehan sembari berteduh.

Lingkungan sekitar danau dirawat secara rutin sehingga semakin mempercantik ruang publik tersebut. Tidak heran, kawasan ini sering menjadi lokasi berkumpul mahasiswa, bahkan pada akhir pekan. Selain menjadi tempat bersantai, Danau UNS  memikat sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UNS Solo untuk menyelenggarakan event tertentu.

Salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS Solo, Nabila Mutiara, menyebut bahwa Danau UNS merupakan salah satu ruang terbuka yang strategis. “Posisi danaunya pas berada di [area] depan [kompleks UNS Solo]. Jadi memang strategis untuk dikunjungi mahasiswa. Selain itu juga aksesnya mudah karena dekat dengan gerbang utama,” terangnya saat berbincang dengan Solopos.com, Senin (14/11/2022).  

Baca Juga : Menikmati Sorekustik, Sajian Live Music Sore Hari di Hufis UNS Solo

danau UNS Solo
Salah satu fasilitas berupa gedung dua lantai yang berada di kompleks Danau UNS Solo. (Solopos.com/Nabilla Alfa Aulia)

Tahukah kamu? Kondisi Danau UNS cukup memprihatinkan pada beberapa tahun lalu sebelum bersolek seperti saat ini. Wajah lama Danau UNS tidak terawat, banyak sampah rumah tangga, dan banyak tanaman air sehingga mempercepat proses sedimentasi. 

Dikutip dari laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pu.go.id, Selasa (15/11/2022), Danau UNS merupakan embung yang airnya bersumber dari Sungai Kendil, salah satu anak Sungai Bengawan Solo. Data dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) menyebut Danau UNS memiliki luas 5.300 meter persegi. 

Kondisi Danau UNS sangat memprihatinkan sebelum direvitalisasi, seperti sedimentasi meningkat sehingga mengakibatkan danau penuh lumpur dan kualitas air menurun karena banyak limbah padat maupun cair. Limbah yang sebagian besar berasal dari sampah domestik. Sedimentasi dan limbah di danau menyebabkan kapasitas tampungan danau semakin kecil. Padahal, Danau UNS merupakan lintasan alur Sungai Kendil sehingga sewaktu-waktu debit air dan material lain di Danau UNS bisa tiba-tiba meningkat karena dibawa masuk aliran Sungai Kendil. Pekerjaan Revitalisasi Danau UNS dilakukan sejak tahun 2017 sampai 2018.

Baca Juga : Alumni UNS Solo: Anak Ilkom Jangan Kerja di Situ Saja, Ada Prospek Bidang CSR

Danau UNS diharapkan tidak hanya berubah secara visual, tetapi juga mampu mendukung semangat green campus dengan memaksimalkan fungsi sebagai wilayah konservasi dan pengembangbiakan satwa air. Mahasiswa lain UNS Solo, Bagas Sasongko, mengaku pernah mengikuti event di Danau UNS. Dia mengapresiasi lingkungan Danau UNS Solo masih terawat pascarevitalisasi.

“Tempatnya sudah bersih dan rapi, bahkan bebas dari sampah. Namun, mungkin ke depan masih perlu ditambah penerangan yang lebih lagi,” ujarnya saat berbincang belum lama ini.

Dia menyebut bahwa mahasiswa mendukung pemanfaatan Danau UNS ke depan. “Meskipun masih terdapat kekurangan, Danau UNS tetap menjadi salah satu ikon kampus yang bagus untuk dikunjungi.”

Baca Juga : Hari Bebas Emisi di UNS, Mahasiswa Minta Fasilitas Bus Kampus Ditambah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya