SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengetahui perselingkuhan pasangan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Sikap Kinan saat tahu suaminya, Aris, selingkuh di drama seri Layangan Putus mendapat pujian dari Putri Marino. Pemeran Kinan di Layangan Putus ini membandingkan dengan dirinya sendiri yang belum tentu bisa sekuat Kinan dalam menghadapi masalah.

Ya, siapa sih yang tidak marah, kesal, dan kecewa saat tahu pasangan selingkuh? Anda mungkin adalah salah satu orang yang akan merasakan hal tersebut jika suatu hari Anda tidak sengaja mengetahui pasangan Anda ternyata memiliki hubungan dengan orang lain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Akan tetapi, saat tahu pasangan selingkuh bukan berarti harus dihadapi dengan penuh emosi dan amarah loh. Justru, Anda akan merasa lebih baik jika Anda bisa berusaha untuk tetap tenang. Namun, bagaimana cara tetap tenang saat memergoki pasangan selingkuh?

Alih-alih marah-marah enggak jelas, sebaiknya lakukan hal-hal ini saat tahu pasangan selingkuh. Berikut ulasannya di tips asmara seperti dikutip dari hellosehat.com pada Kamis (20/1/2022):

1. Hubungi orang terdekat

Jika Anda tidak sengaja tahu pasangan selingkuh, hal yang harus Anda hindari adalah bepergian sendiri. Segera hubungi orang terdekat yang akan memberikan Anda dukungan dan bersedia menemani Anda. Pasalnya, terkadang pikiran tiba-tiba menjadi buntu dan kalut hingga mungkin saja muncul gagasan yang negatif.

Baca Juga: Perselingkuhan Seperti Aris di Layangan Putus Bisakah Bikin Ketagihan?

Setidaknya, saat ada orang lain yang menemani Anda, ada yang akan membantu Anda untuk berpikir lebih jernih sekaligus membantu menenangkan Anda. Dengan begitu, Anda bisa menentukan langkah yang harus diambil selanjutnya.

2. Beri diri sendiri ruang dan waktu untuk berpikir

Jika rasa kesal dan emosi telah mereda, cobalah untuk menjauh sejenak dari pasangan Anda. Tidak perlu marah-marah meski telah memergoki pasangan selingkuh dan tetaplah bersikap tenang. Justru, gunakan waktu sebanyak yang Anda butuhkan untuk menjauh sejenak dari pasangan.

Bila Anda tinggal satu rumah dengannya, cobalah untuk tidak berada di dalam satu ruangan dengan pasangan. Pasangan Anda berkewajiban untuk memberi Anda ruang dan waktu untuk menenangkan diri.

3. Pikirkan kembali penyebab perselingkuhan

Setelah Anda merasa lebih tenang, cobalah untuk berpikir apa masalah yang mungkin menjadi penyebab terjadinya perselingkuhan dalam hubungan Anda. Jika Anda sedang menjalani hubungan yang masih berjalan beberapa bulan dan pasangan Anda telah berselingkuh, akan lebih mudah bagi Anda untuk meninggalkan pasangan Anda.

Baca Juga: 3 Tips Mempertahankan Hubungan Setelah Pasangan Selingkuh

Bisa saja, sebenarnya dalam hubungan Anda berdua telah ada masalah yang membuat pasangan Anda merasa tidak dihargai, diperlakukan dengan tidak baik, ditinggalkan, dan masih banyak lagi. Meski alasan-alasan tersebut tidak bisa dibenarkan sebagai alasan untuk selingkuh, setidaknya Anda mengetahui apa yang menjadi penyebabnya.

4. Bicarakan dengan pasangan

Saat Anda mengetahui hal tersebut, yang harus Anda lakukan adalah segera sampaikan kepada pasangan apa yang sebenar-benarnya Anda ketahui. Tidak perlu memancing pasangan dengan berbagai kode yang belum tentu ia mengerti. Sampaikan dengan lugas namun tetap tenang.

Di samping itu, saat Anda memergoki pasangan Anda selingkuh, tetap tenang dan tidak perlu terburu-buru memberi tahu semua orang, baik teman maupun keluarga. Tunggu sampai Anda dan pasangan memiliki keputusan final mengenai kelanjutan hubungan.

Pasalnya, jika Anda dan pasangan memutuskan untuk memaafkannya dan tetap bersama setelah kejadian ini, terburu-buru memberi tahu keluarga dan teman bahwa pasangan Anda selingkuh akan merugikan Anda. Bisa saja, hubungan Anda dengan pasangan yang sudah damai menjadi terganggu karena teman dan keluarga kehilangan respek terhadap pasangan.

5. Jangan balas dendam

Jika Anda memergoki pasangan Anda selingkuh, cobalah untuk tetap tenang. Jika tidak, emosi yang memuncak dapat menyebabkan Anda tidak dapat berpikir panjang. Saat itu, Anda mungkin ingin memberi tahu semua orang keburukan dari pasangan Anda, atau bahkan Anda berniat untuk berselingkuh juga.

Padahal, membalas dendam tidak akan memberikan dampak positif baik untuk Anda maupun hubungan Anda. Justru, kondisi hubungan akan semakin runyam. Oleh karenanya, beri diri Anda waktu agar bisa menentukan langkah terbaik yang bisa Anda ambil untuk diri Anda dan pasangan.

Baca Juga: Putri Marino Blak-Blakan Layangan Putus, Salah Ucap di Adegan Ini

Jika Anda memutuskan untuk memaafkannya, lakukan dengan tulus ikhlas. Namun, jika Anda memutuskan untuk berpisah dengannya, segera sembuhkan luka dan move on dengan hidup Anda agar lebih bahagia.

6. Hindari menyalahkan pasangan

Mungkin pasangan Anda memang telah melakukan kesalahan besar dengan berselingkuh. Namun, bukan berarti Anda harus terus menyalahkannya. Hindari pula bertindak seolah Anda adalah satu-satunya korban.  Sebelum Anda benar-benar mengetahui apa yang membuat pasangan Anda ingin bersama dengan orang lain, Anda tidak sebaiknya merasa bahwa semua ini salah pasangan Anda. Pasalnya, bisa saja memang ada yang salah dengan hubungan yang sedang Anda jalani.

Cobalah untuk tidak mengasihani diri sendiri, karena hal tersebut hanya akan membuat Anda menjadi lebih sedih lagi. Akan lebih baik jika Anda berusaha tetap netral dan tenang meski telah memergoki pasangan selingkuh.

Baca Juga:  6 Perbedaan Layangan Putus Versi Drama dan Tulisan Mommy ASF

7. Jangan libatkan pihak lain

Anda harus ingat bahwa hubungan dan masalah yang terjadi hanya antara Anda dengan pasangan. Meski Anda telah memergoki pasangan berselingkuh, tetaplah tenang dan jangan melibatkan orang lain. Misalnya, jika Anda telah menikah dengan pasangan dan dikaruniai anak.

Hindari menjadikan anak senjata atau bahkan tameng untuk Anda dan pasangan. Jika perlu, tidak usah memberi tahu anak Anda apa yang telah terjadi. Pasangan Anda mungkin telah menyakiti Anda, namun bukan berarti ia bukan orang tua yang baik bagi anak Anda.



8. Dapatkan bantuan psikolog

Salah satu jalan yang bisa Anda tempuh adalah meminta bantuan psikolog untuk membantu Anda agar lebih tenang setelah memergoki pasangan selingkuh. Anda bisa meminta saran darinya agar bisa lebih netral dalam menghadapi permasalahan ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya