SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Tahu adalah salah satu makanan yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain rasanya lezat, produk olahan kedelai ini dikenal memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tahu kaya akan protein, mineral, serta kalsium yang sangat diperlukan oleh tubuh. Oleh sebab itu, mengonsumsi tahu secara rutin dapat menjaga kesehatan tubuh. Nah, apa sajakah manfaat yang diperoleh dari menonsumsi tahu? Simak uraian yang dihimpun Solopos.com dari laman Boldsky, Kamis (2/9/2019), berikut ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cocok untuk diet

Tahu merupakan salah satu makanan kaya nutrisi, namun rendah kalori yang cocok dikonsumsi pelaku diet. Meski rendah kalori, mengonsumsi tahu diklaim mengenyangkan  perut lebih lama, sehingga mencegah seseorang makan berlebihan.

Mencegah rambut rontok

Mengonsumsi tahu secara rutin dapat mencegah kerontokan rambut. Sebab, tahu mengandung protein yang dapat menutrisi pertumbuhan rambut dan menjaganya tetap sehat.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Mengonsumsi tahu secara rutin dapat mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga meningkatkan kesehatan jantung. Tahu mengandung selenium, mineral yang dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dengan baik. Selain itu, tahu juga kaya akan isoflavon yang membantu meningkatkan elastisitas pembuluh darah.

Menjaga kesehatan tulang

Tahu kaya akan berbagai mineral, seperti seng, tembaga, relenium, dan mangan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Tak hanya itu, tahu mengandung kalsium yang berperan penting melawan proses pengeroposan tulang. Oleh sebab itu, mengonsumsi tahu secara rutin dapat mengurangi risiko osteoporosis dan arthritis.

Mencegah anemia

Kandungan zat besi dan tembaga pada tahu bermanfaat memperlancar sirkulasi darah. Selain itu, zat besi dapat membantu pembentukan hemoglobin yang mengurangi risiko seseorang terkena gejala anemia.

Memperlambat proses penuaan

Mengonsumsi tahu secara rutin dapat memperlambat proses penuaan dengan menjaga elastisitas kulit dan menghilangkan kerutan. Kandungan isoflavon dalam tahu memiliki peran penting untuk melawan radikal bebas yang mempercepat proses penuaan. Tak hanya itu, tahu juga mengandung kolagen yang dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat sengatan matahari dan ppolusi udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya