Tahu Bakso, Kudapan Khas Ungaran yang Bikin Nagih
Solopos.com|jateng

Tahu Bakso, Kudapan Khas Ungaran yang Bikin Nagih

Selain dikenal dengan lumpia dan juga bandeng presto, Semarang juga memiliki jajanan khas, yaitu Tahu Bakso. Tahu Bakso sendiri berasal dari Kota Ungaran

Solopos.com, SEMARANG -- Selain dikenal dengan lumpia dan juga bandeng presto, Semarang juga memiliki jajanan khas, yaitu tahu bakso. Tahu bakso sendiri berasal dari Kota Ungaran yang masih satu kawasan dengan Kabupaten Semarang.

Makanan ini dibuat dari tahu yang tengahnya diberi adonan tepung tapioka yang sudah diberi bumbu bakso. Dalam perkembangannya, tahu bakso menjadi makanan khas warga Semarang dan hampir setiap warung makan di Semarang menyediakan tahu bakso sebagai kudapan penunjang.

Secara umum, tahu bakso hadir dalam dua sajian pilihan, yakni goreng atau rebus. Cara penyajiannya pun sangat khas, yakni dikemas dalam kotak bungkus maupun keranjang rajutan. Saat ini tahu bakso sudah dapat ditemukan di berbagai tempat pusat oleh-oleh khas Semarang.

Baca Juga : Harga Kedelai Rp11.000, 40% Pengrajin Tahu Tempe di Jateng Kolaps

Salah satu tahu bakso yang terkenal di Semarang adalah Tahu Baxo Bu Pudji. Mengutip dari Detik.com, Sabtu (12/6/2021), lokasi Tahu Baxo Bu Pudji ini ada di Kota Ungaran namun sudah memiliki beberapa gerai, seperti di Jl. Diponegoro Mijen Ungaran Timur, Jl. Raya Semarang-Bawen Km 24 babadan Ungaran dan Jl. Pamularsih No 15 Semarang Barat.

Tahu Baxo Ibu Pudji
Tahu Baxo Ibu Pudji (Instagram/@tahubaxo_ibupudji)

Gerainya dikenal memiliki warna hijau sehingga sangat mudah ditemukan. Ada dua tipe tahu bakso yang dijual, yaitu tahu bakso goreng seharga Rp 35.000 per bungkus dan tahu bakso rebus seharga Rp 33.000 per bungkus,

Satu bungkusnya berisi 10 biji tahu bakso dan ukurannya cukup besar sehingga menyantap 2-3 biji sudah cukup kenyang. Tahu Baxo Bu Pudji ini bisa tahan 2-3 hari jika diletakkan di dalam freezer. Kalau mau dinikmati, traveler hanya tinggal memanaskannya saja.

Baca Juga : Warga Semarang, Inilah 5 SMA Swasta Top di Kota Atlas

Saat ini Tahu Baxo Bu Pudji sudah bisa diakses dar luar kota. Jadi bagi  ingin makan Tahu Baxo Bu Pudji tapi berada di luar kota bisa pesan langsung di situs resminya. Selain menyediakan Tahu Baxo, gerai Tahu Baxo Ibu Pudji ini juga menyediakan oleh-oleh khas Semarang lainnya, seperti bandeng presto, otak-otak bandeng dan masih banyak lagi.

Melansir dari laman Instagram resmi @tahubaxo_ibupudji, salah satu netizen bernama akun @yan37 berkomentar bahwa gerai dari Tahu Baxo Ibu Pudji ini sangat nyaman dan memiliki parkir yang luas dan dirinya selalu menyempatkan diri mampir di salah satu gerai saat sedang dalam perjalanan melewati Semarang.

“Tempat nyaman parkir luas, kalau lagi lewat arah Jatim mau pun pulang Jakarta pasti mampir. Sengaja turun tol di Ungaran, hanya untuk beli oleh oleh ditempat ini.” tulis @yant37 di kolom komentar

Selain Bu Pudji, ada juga tahu bakso yang terkenal lainnya, yaitu Tahu Bakso Ibu Wahyu dan Tahu Bakso Kampus Universitas Diponegoro.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago