SOLOPOS.COM - Canthik Rajamala (pariwisata.surakarta.go.id)

Solopos.com, SOLO –  Rajamala menjadi maskot ASEAN Para Games 2022 yang digelar di Kota Solo, Jawa Tengah, mulai 30 Juli hingga 6 Agustus 2022. Rajamala sebagai maskot dalam kompetisi olahraga multicabang bagi penyandang disabilitas tersebut memiliki peran penting lantaran sosoknya.

Rajamala memiliki karakter kuat dan menjadi sosok yang dinilai super dan tiada tanding dalam kisah pewayangan. Sosoknya juga mengilhami pembuatan cucuk atau hiasan haluan perahu yang disebut canthik pada perahu milik Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Ulasan lengkap bisa dibaca di Rajamala Manusia Setengah Raksasa, Penolak Bala ASEAN Para Games 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tur keliling Eropa kali kedua band metal berawak tiga perempuan belia, Voice of Baceprot (VoB), mereka gunakan menyerukan kampanye setop perang. Tur kali kedua di Eropa yang dijalani Firdda Marsya Kurnia (vokal dan gitar), Widi Rahmawati (bass), dan Euis Siti Aisyah itu bertajuk The Fight Dream Believe European Tour 2022.

Tur kali kedua di Eropa ini dengan jadwal 14 Juli 2022 tampil di festival Colours of Ostrava 2022 (Ostrava, Republik Ceko), 22 Juli 2022 tampil di Valkhof Festival 2022 (Nijmegen, Belanda), 2 Agustus 2022 tampil di Stengade (Kopenhagen, Denmark), dan pada 5 Agustus 2022 tampil Wacken Open Air (Wacken, Jerman). Kisah lengkap bisa dibaca di Tur Kedua di Eropa, VoB Serukan Setop Perang.

Mengidap HIV sejak usia 34 tahun, kakek yang kini berusia 66 tahun asal Amerika Serikat dinyatakan sembuh dari penyakit mematikan itu. Menariknya, kesembuhan dari HIV itu didapat secara tidak sengaja, tepatnya setelah ia menjalani transplantasi sel punca untuk mengobati kanker darah yang dia derita.

Sejak kali pertama ditemukan pada 23 April 1984, kita mengenal bila human immunodeficiency virus (HIV) maupun acquired immune deficiency syndrome (AIDS) sebagai salah satu penyakit yang belum ada obatnya. Ulasan lengkap bisa dibaca di Perjalanan Kakek 66 Tahun di AS Jadi Orang Kelima yang Sembuh dari HIV.

Di lembah Kali Samin lereng barat Gunung Lawu di wilayah Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, terdapat situs kubur batu kuno yang dikenal dengan nama Watu Kandang. Situs tersebut berupa susunan batu berbentuk persegi atau rectangular of stones.

Situs Watu Kandang tersebar di tiga Kecamatan, yaitu Kecamatan Matesih, Kecamatan Tawangmangu dan Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar. Situs Watu Kandang di Kecamatan Matesih berada di Desa Karangbangun (Dukuh Ngasinan dan Dukuh Bodagan), Desa Matesih (Dukuh Kedungsari), dan Desa Plosorejo (Dukuh Ploso). Penjelasan lengkap bisa dibaca di Situs Kubur Batu Kuno di Lembah Kali Samin Lereng Gunung Lawu.

Semua berita di atas bisa dibaca hingga tuntas di kanal Espos Plus. Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan pembahasan dengan sudut pandang tajam, komprehensif, dan berdata lengkap. Konten premium menyajikan analisis mendalam atas suatu topik. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya