SOLOPOS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Bisnis-Nyoman Ary Wahyudi)

Solopos.com, JAKARTA–Kornas Sipil Peduli Demokrasi Mico Gea melaporkan penyebaran tabloid yang bersampulkan wajah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Mico menekankan kehidupan demokrasi harus menghindari perilaku politik yang tak etis.

Oleh sebab itu, dia melaporkan penyebaran tabloid tersebut ke Bawaslu sehingga kejadian seperti itu tak terulang kembali. “Senin, 26 September 2022, pukul 16.00, kami telah mendatangi Sentra Gakumdu Bawaslu RI untuk melaporkan dugaan pelanggaran Pemilu yang dilakukan melalui penyebaran tabloid Anies Baswedan di kota Malang,” ujar Mico dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (27/9/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mico mengatakan, penyebaran tabloid tersebut diduga merupakan bentuk kampanye terselubung. Dia bahkan menduga Anies melakukan praktik identitas dengan menyebarkan tabloid tersebut di masjid Kota Malang.

Baca Juga Dikaitkan Lukas Enembe, Mendagri Tito Akui Teman Lama Tapi Tak Ikut Campur

“Kami menyampaikan sikap menolak perilaku politik identitas yang ditengarai dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang diduga menyebarkan tabloid yang menyerupai bentuk kampanye terselubung di tempat ibadah di kota Malang pada Kamis, 22 September 2022,” jelasnya.

Dia pun berharap agar Bawaslu segera memproses laporannya. Apalagi, lanjutnya, aturan perundang-undangan telah mengatur kewajiban Bawaslu tersebut.

“Sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku sebagaimana yang diatur dalam Perbawaslu 7 tahun 2018 tentang Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilu,” ucapnya.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Dugaan Kampanye Terselubung, Tabloid Anies Dilaporkan ke Bawaslu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya