SOLOPOS.COM - Pedagang kembali beraktivitas di Pasar Gede, Kelurahan Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Solo, Selasa (8/12/2020). Belum semua pedagang mulai aktif berjualan setelah penutupan pasar sementara selama tujuh hari. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO -- Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah memasang sekat dari plastik pada tempat jualan pedagang Pasar Gede Solo untuk penerapan protokol kesehatan, Senin (14/12/2020) petang.

Pantauan Solopos.com, pembatas plastik telah terpasang pada gedung barat dan gedung timur untuk pedagang yang menempati pelataran. Semua ruang untuk pedagang tampak penuh.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

100% TPS Sudah Masuk Sirekap KPU Solo, Gibran-Teguh Unggul Dengan 86,5% Suara

Kepala Bidang Pasar Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo, Sugeng Budi, menjelaskan Pasar Gede mendapatkan bantuan sekat, celemek, masker, penutup kepala, sabun, sarung tangan, pelindung wajah, dan alat pengukur suhu.

Bantuan itu dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jateng. Pemasangan sekat sepanjang 150 meter untuk protokol kesehatan Pasar Gede Solo itu berlangsung pada Senin petang.

Rapat Pleno KPU Sukoharjo: Rekapitulasi Penghitungan Suara Kecamatan Baki Hujan Interupsi, Kenapa?

"Yang melakukan pemasangan dari pihak provinsi kemarin malam. Nanti ke depan semua pasar seperti ini," katanya.

Sugeng menjelaskan pengunjung maupun pedagang pasar sudah melakukan pola hidup bersih dan sehat dengan rajin mencuci tangan dan memakai masker. Sekat akan mendukung protokol kesehatan yang telah berlaku di Pasar Gede Solo.

Pengusaha Asal Solo Ini Punya 297 Restoran di 4 Negara, Semuanya Dikelola Sesuai Syariat Islam

Anggaran

"Kalau kami lainnya sudah. Plastik pembatas belum. Mungkin bisa kami anggarkan tahun depan pada anggaran perubahan. Kalau anggaran 2021 sudah final," katanya.

Menurut Sugeng, warga Pasar Gede tetap harus berdisiplin menjalankan protokol kesehatan, antara lain memakai masker meskipun sekat telah terpasang.

Sosok Aipda Samsul, Polisi Korban Kecelakaan Mobil Dihantam KA di Kalijambe Sragen: Cekatan & Sering Ngisi Pengajian

Selain Pasar Gede Solo, pasar yang mendapatkan serupa yaitu, Pasar Bulu Kota Semarang, Pasar Bintaro Kabupaten Demak, Pasar Kuwu Kabupaten Grobogan. Kemudian Pasar Bendungan Kabupaten Semarang, dan Pasar Borobudur, Kabupaten Magelang.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Gede, Jumadi, mengapresiasi pemasangan sekat karena untuk mendukung protokol kesehatan. Pasar Gede mendapatkan peningkatan jumlah kunjungan pada akhir tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya