SOLOPOS.COM - Foto udara tikungan kelima dan tikungan keenam lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/8/2021). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah mematok jumlah penonton balapan World Superbike (WSBK di Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah hanya 25.000 orang, semuanya harus sudah mendapat vaksin Covid-19 lengkap dua kali suntik.

“Telah diputuskan, jumlah penonton 25.000 orang. Dengan syarat dua dosis sudah divaksin lengkap,” kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers virtual via YouTube, Senin (11/10/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Airlangga saat ini juga menjabat sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Baca juga: Menpora Yakin MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika Jalan Terus

Syarat WSBK di Sirkuit Mandalika selanjutnya adalah pelaksanaan karantina untuk kru dan tim Superbike selama lima hari. Untuk masyarakat setempat, vaksinasi bakal dipercepat. Lombok Tengah minumum sudah mencapai vaksinasi 50% untuk dosis kedua.

“Untuk di tempat penyelenggaraan Superbaike, Lombok Tengah, capaian vaksinasi dosis pertama sudah 75,31%, dosis kedua baru 13,55%. Arahan Bapak Presiden, TNI-Polri nanti akan diminta untuk mengakselerasi agar sebelum penyelenggaraan sudah tercapai 50%,” kata Airlangga.

Untuk seluruh Pulau Lombok secara umum, targetnya adalah 70% vaksinasi dosis pertama. Level asesmen di NTB sudah di level 1. Dari lima kabupaten/kota Pulau Lombok, ada tiga kabupaten/kota di level 2 dan dua kabupaten di level 1.

Baca juga: BNN Gerebek Kampus FIB USU, 31 Orang Mahasiswa dan Alumni Ditangkap

Penyelenggara World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika akan membentuk Satgas Protokol Kesehatan untuk pengawasan di lokasi acara. Di lokasi pula, akan diadakan penyediaan masker gratis oleh Satgas dan TNI serta Polri.

“Pak Mendagri akan mengeluarkan Inmendagri (Instruksi Mendagri) terkait pengaturan penyelenggaraan Superbike terkait detail teknis,” kata dia dikutip dari Detik.com.

Dia menjelaskan persiapan gelaran balap Superbike di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tanggal 19 sampai 21 November 2021. Ada tiga rangkaian acara dalam gelaran itu:

1. Asia Talent Cup, 12-15 November
2. Indonesia Mandalika World Superbike, 18-21 November
3. Persiapan Superbike tahun depan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya