SOLOPOS.COM - Founder PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Djoko Susanto (tiga dari kiri) dan jajaran direksi Alfamart Alfamidi berfoto bersama Andi F. Noya (empat dari kiri) seusai menerima piagam penghargaan rekor Muri atas pembagian sepatu dan kaus kaki terbanyak dalam puncak perayaan Alfamart ke-16 di kantor pusat Alfamart, Tangerang. Foto diambil belum lama ini.

Solopos.com, SOLO–Berikut ini adalah syarat yang harus dipenuhi dan prediksi biaya yang harus dikeluarkan jika ingin franchise Alfamidi. Bukan rahasia lagi jika bisnis waralaba ritel menjadi salah satu yang paling diminati oleh calon atau pelaku usaha tanah air.

Hal tersebut lantaran bisnis ritel memberi keuntungan yang lebih pasti ketimbang bisnis lainnya. Selain Alfamart dan Indomaret, calon pelaku usaha juga bisa menjajal bisnis ritel Alfamidi.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Apa beda Alfamidi dan Alfamart? Perbedaan utama di antara keduanya adalah ukuran tempat dan kelengkapan produk yang dijual.

Baca Juga Adu Murah Modal Franchise Alfamart dan Indomaret per September 2022

Ukuran Alfamart biasanya lebih kecil daripada Alfamidi. Hal tersebut karena produk yang dijual juga lebih difokuskan kepada barang kebutuhan pribadi, dengan jumlah yang juga terbatas.

Mengacu pada alasan tersebut, wajar jika biaya franchise Alfamidi lebih besar ketimbang Alfamart. Dilansir dari situs resmi Kemitraan Alfamidi, berikut ini adalah perincian biaya untuk membuka Alfamidi:

Untuk membuka Alfamidi, biaya termurah yang harus dikeluarkan adalah Rp 750 juta untuk tipe gerai 60, dengan area penjualan 200 – 250 meter persegi dengan total item 6.000. Sementara itu, untuk tipe gerai 80, biaya investasinya sekitar Rp 850 juta.

Baca Juga Tertarik Buka Franchise Alfamart? Yuk Cek Caranya 

Tipe gerai 80 biasanya memiliki area penjualan 251-250 meter persegi dengan jumlah item sekitar 7.000. Sedangkan tipe gerai 100 membutuhkan biaya investasi Rp 950 juta dengan total barang lebih dari 7.500.

Namun yang perlu diketahui, biaya tersebut diluar biaya renovasi dan tempat. Meski demikian, biaya di atas sudah termasuk 10 tahun biaya merek dagang, perizinan, dan alat-alat listrik.

Syarat dan cara mendaftar franchise Alfamidi:

Syarat: 

  • WNI (Warga Negara Indonesia)
  • Memiliki Badan Usaha (CV atau PT)
  • Sudah atau dalam proses memiliki lokasi yang dijadikan tempat usaha dengan ukuran 400 meter persegi. Luas dihitung selain luas gudang dan tempat tinggal untuk karyawan, jadi jika ditotal keseluruhan maka luas lahan mencapai 400 sampai dengan 500 meter persegi.
  • Ada izin domisili
  • Ada izin tetangga
  • IMB
  • SITU
  • UUG/ HO
  • TDP
  • STPUW
  • NPWP dan NPPKP
  • Ada syarat khusus untuk area Kabupaten Serang jarak antar minimarket harus minimal 500 meter. Apila jaraknya kurang dari 500 meter maka izin tidak bisa diterbitkan
  • Siap dan bersedia mengikuti semua sistem serta prosedur yang ditetapkan di Alfamidi

Cara mendaftar: klik https://alfamidiku.com/info-kerjasama.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Syarat dan Biaya Franchise Alfamidi Terbaru September 2022, Siap Cuan Tahun Depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya