SOLOPOS.COM - Syahrini dan Ayu Azahari/dok

Syahrini dan Ayu Azahari/dok

JAKARTA—Pemilu 2014 bisa jadi semakin banyak artis yang duduk di DPR. Parpol besar sekelas Golkar dan PDIP membuka pintu lebar bagi caleg dari kalangan selebritis, asalkan memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sebagai calon sah-sah saja, yang penting secara pribadi ikhlas mendaftar ke PDI Perjuangan dan ikuti mekanisme partai seperti psikotes dan lainnya,” kata Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo kepada detikcom, Senin (14/1/2013).

Sejumlah artis memang bersiap nyaleg lewat PDIP. Seperti Ayu Azhari, Yessy Gusman, Edo Kondolongit, Rieke Dyah Pitaloka, Sonny Tulung, dan sebagainya.

Pandangan senada disampaikan oleh Wasekjen Partai Golkar Lalu Mara Satria Wangsa. Menurut Lalu Mara, kalangan artis memang sudah banyak yang terjun ke dunia politik saat ini. Golkar tentu tidak menghalangi hak berpolitik kalangan selebritis.

“Ya tidak apa-apa, bagus-bagus saja. Dari setiap Pemilu kan artis banyak yang ikut,” katanya saat dikonfirmasi terpisah.

Namun Golkar punya pertimbangan khusus. Artis yang ingin nyaleg lewat Golkar harus melalui tahap orientasi fungsionaris.

“Bahwa artis populer iya, namanya juga artis. Syarat utamanya adalah harus mengikuti orientasi fungsionaris dan aktif,” tegasnya.

Di Pemilu 2009 lalu Golkar sudah meloloskan sejumlah artis ke DPR seperti Nurul Arifin, Tantowi Yahya, dan lainnya. Keduanya juga akan maju lagi di Pemilu 2014, sejumlah artis terkenal seperti Syahrini dan lainnya juga disebut-sebut akan nyaleg lewat Golkar di Pemilu 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya