SOLOPOS.COM - Pemain Ukraina merayakan gol penentu kemenangan ke gawang  Swedia. (Reuters)

Solopos.com, GLASGLOW –Kejutan terjadi di partai penutup babak 16 besar Euro 2020. Swedia yang difavoritkan melangkah ke perempat final gagal melewati Ukraina  setelah takluk 1-2 di Hampden Park, Glasglow, Rabu (30/6/2021) dini hari WIB.

Kedua tim memerlukan babak tambahan setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal. Dua gol Ukraina dicetak oleh Oleksandr Zinchenko (27’) dan Artem Dovbyk (120+1’). Sementara gol Swedia dibukukan pemain bintang Emil Forsberg pada menit ke-43.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Swedia sebelumnya tidak mengalami kekalahan di penyisihan Grup E Euro 2020 dan menjadi juara grup mengungguli Spanyol. Di sisi lain, Ukraina cuma lolos ke babak 16 besar ini via jalur peringkat tiga terbaik. Ukraina hanya mampu meraih satu kemenangan dan menelan dua kekalahan di fase grup.

Baca Juga: Inggris 2-0 Jerman: Three Lions ke Perempat Final Tanpa Kebobolan

Duel sengit tersaji sejak awal pertandingan dimulai. Jual beli seangan terus tersaji, tetapi belum ada yang membuahkan hasil hingga 20 menit pertandingan.

Swedia beberapa kali menghadirkan ancaman membahayakan ke gawang Ukraina. Salah satunya terlihat di menit ke-19. Ialah Dejan Kulusevski yang mencoba melepaskan tendangan keras ke arah gawang Ukraina. Tetapi sayang, tendangannya masih melebar ke arah kanan gawang.

Pada menit ke-27, Oleksandr Zinchenko berhasil membawa Ukraina membuka keunggulan. Gol berawal dari umpan silang Andriy Yarmolenko yang kemudian diteruskan oleh Zinchenko. Dia langsung melepaskan tendangan voli yang berhasil membuat bola berasarang ke gawang. Ukraina unggul 1-0!

Baca Juga: Liga 2 Ditunda, Begini Respons Persis Solo

 

Samakan Kedudukan

Tertinggal, Swedia berusaha keras mengejar. Setelah sejumlah peluang gagal berbuah manis, pada menit ke-43, Swedia berhasil menyamakan kedudukan. Tendangan keras Emil Forsberg dari luar kotak penalti tak mampu dibendung George Bushchan hingga membuahkan gol. Skor 1-1 bertahan hingga akhir laga babak pertama.

Memasuki babak kedua, Swedia terlihat berusaha lebih menekan Ukraina. Ada banyak sekali serangan membahayakan yang hadir ke gawang Ukraina kala laga baru berjalan lima menit. Tetapi, kesigapan Bushchan membuat setiap serangan tak membuahkan gol tambahan untuk Swedia.

Tak tinggal diam terus diserang, Ukraina juga berusaha membangun serangan. Yarmolenko mencoba peruntungannya untuk menjebol gawang Swedia, tetapi Olsen masih bisa menghalaunya.

Baca Juga: Liga 1 dan Liga 2 Ditunda Lagi, PT LIB Bikin Skenario Jadwal Baru

Skor 1-1 pun terus terjaga hingga waktu normal pertandingan berakhir. Alhasil, laga dilanjutkan ke babak tambahan waktu untuk mengetahui tim yang lolos ke babak perempatfinal Piala Eropa 2020.

Petaka datang kepada Swedia pada menit ke-98. Marcus Danielson kedapatan melakukan pelanggaran keras kepada Artem Besedin. Wasit awalnya hanya mengganjar kartu kuning. Tetapi, setelah menyaksikan tayangan ulang di VAR, Danielson diberi kartu merah

Unggul dalam jumlah pemain, Ukraina bisa lebih leluasa melancarkan serangan. Salah satunya pun nyaris berbuah gol. Sayang, usaha Artem Dovbyk harus terhenti karena sudah terjebak offside lebih dahulu.

Baca Juga: Prediksi Swedia Vs Ukraina: Potensi Kejutan di Akhir 16 Besar

Kebuntuan Ukraina akhirnya terpecahkan. Di tengah performa yang terus menurun, Artem Dovbyk mampu mencetak gol. Skor 2-1 untuk keunggulan Ukraina pun bertahan hingga akhir laga. Ukraina dipastikan melenggang ke babak perempat final dan akan melawan Inggris.

 

Susunan Swedia vs Ukraina:

Swedia (4-4-2): Robin Olsen; Mikael Lustig, Victor Lindelof, Marcus Danielson, Ludwig Augustinsson; Sebastian Larsson, Kristoffer Olsson, Albin Ekdal, Emil Forsberg; Dejan Kulusevski, Alexander Isak.

Cadangan: Pontus Jansson, Kristoffer Nordfeldt, Pierre Bengtsson, Marcus Berg, Gustav Svensson, Filip Helander, Ken Sema, Emil Krafth, Viktor Claesson, Pontus Jansson, Robin Quaison, Jens Cajuste.

Pelatih: Janne Anderson

 

Ukraina (4-3-3): George Bushchan; Oleksandr Karavaev, Illia Zabarnyi, Sergey Krivtsov, Mykola Matvyenko; Oleksandr Zinchenko, Taras Stepanenko, Serhiy Sydorchuk; Andriy Yarmolenko, Roman Yaremchuk, Mykola Sharapenko



Cadangan: Andriy Pyatov, Anatolii Trubin, Eduard Sobol, Ruslan Malinovskyi, Marlos, Yevhenii Makarenko, Viktor Tsygankov, Vitaliy Mykolenko, Roman Bezus, Artem Besedin, Oleksandr Tymchyk, Artem Dovbyk.

Pelatih: Andriy Shevchenko

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya