SOLOPOS.COM - Suzuki Karimun edisi pertama atau dikenal dengan Suzuki Karimun Kotak (Bisnis.com)

Solopos.com, SOLO — Salah satu produk dari Suzuki adalah mobil Karimun, berada di kelas city car kendaraan ini cukup menarik minat konsumen. Kendati akhirnya Mobil Suzuki Karimun dan Karimun WagonR pamit dari Indonesia.

Meski berstatus city car, ternyata dimensi Suzuki Karimun cukup bongsor di kelasnya. Di mana Karimun memiliki panjang 3.410 mm, lebar 1.575 mm dan tinggi 1.705 mm serta jarak poros roda 2.335 mm.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip dari Mobil123.com dan Moladin.com, Suzuki memasarkan Karimun dalam beberapa tipe, yakni Karimun edisi 2000-2006 dengan varan DX dan GX. Kemudian pada 2007 Suzuki Karimun Estilo, 2009-2012 New Karimun Estilo, dan 2013-2019 hadir Karimun Wagon R.

Baca juga: Awal 2022 Beli Mobil Suzuki Berhadiah Suzuki Jimny

Kendati sudah pamit sejak 2021 lalu, produk mobil Suzuki Karimun masih bisa dijumpai di pasar mobil bekas. Harganya pun bervariatif mulai Rp45-Rp65 juta untuk Suzuki Karimun edisi pertama atau dikenal dengan Karimun Kotak

Generasi pertama ini dibekali mesin berkode F10A dengan kapasitas 970 cc, 4-silineder SOHC yang dikombinasikan dengan transmisi manual 4-percepatan. Mesin ini dikenal bandel serta irit dalam hal konsumsi bahan bakarnya.

Suzuki Karimun Estilo dibekali mesin yang berbeda dengan edisi pertama. Karimun Estilo menggunakan mesin berkode F10J, berkapasitas 1.100 cc dengan tenaga maksimal diklaim mencapai 65 PS. Di pasaran harga bekasnya Rp53-Rp58 jutaan.

Peluncuran mobil Suzuki Karimun Wagon R AGS di Ambarrukmo Plaza, Sabtu (23/5/2015). (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)
Peluncuran mobil Suzuki Karimun Wagon R AGS di Ambarrukmo Plaza, Sabtu (23/5/2015).
(JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Baca juga: Cari City Car? Ini Harga Daihatsu Ayla Bekas

Suzuki tak berhenti meluncurkan produk Karimun, karena pada 2009 meluncurkan Suzuki New Karimun Estilo alias versi facelift dengan mesin yang berbeda dari generasi sebelumnya. Yakni menggunakan mesin K10B berkapasitas 998 cc dengan teknologi Double Overheat Camshaft (DOHC) injeksi. Untuk harga bekasnya di kisaran Rp65 jutaan.

Produk terakhir adalah Karimun Wagon R, yang masuk dalam kategori mobil Low Cost Green Car (LCGC) yakni mobil dengan harga murah dan ramah lingkungan. Desainnya kembali mengotak, sudah menggunakan transmisi Auto Gear Shift (AGS) untuk varian tertingginya atau Wagon R GS. Harga bekasnya di kisaran Rp62-75 jutaan.

Jika Anda berminat membeli, ada baiknya cek kelengkapan dokumennya atau surat kelengkapannya agar tidak bermasalah nantinya. Mencoba langsung Suzuki Karimun untuk mengetahui kondisi sebenarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya