SOLOPOS.COM - Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya. (detik.com)

Solopos.com, CIAMIS — Kegiatan susur sungai yang menyebabkan 11 siswa MTs Harapan Baru Ciamis di Sungai Cileueur, Jumat (15/10/2021) sebenarnya merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan. Toh, demikian kegiatan itu cukup berisiko hingga akhirnya berujung tragedi.

Hal itu diungkapkan Bupati Ciamis, Heridiat Sunarya, yang memantau langsung pencarian para korban tenggelam di Sungai Cileueur, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing.

Promosi Viral Dibanggakan Presiden Jokowi di Acara BRI, Ini Kisah UMKM Mama Muda

“Sebetulnya [kegiatan susur sungai] rutin dilaksanakan MTs Harapan Baru di Pesantren Cijantung Ciamis,” kata Herdiat, dikutip dari detik.com, Jumat malam.

Baca juga: Menikmati Keindahan Kedungjati Lewat Wisata Susur Sungai Oya

Total ada 11 siswa MTs Harapan Baru Ciamis yang meninggal dunia saat kegiatan susur sungai ini.

Menurut Herdiat, ada sekitar 150 peserta yang ikut kegiatan susur sungai tersebut. Dari 150 peserta itu, hanya 139 siswa yang kembali ke sekolah.

Sementara 11 orang di antaranya tidak kembali karena terkena musibah atau meninggal dunia. Ke-11 siswa itu terdiri dari delapan lelaki dan tiga perempuan.

Menurut Bupati Ciamis, kondisi air di Sungai Cileueur sebenarnya terlihat tenang di permukaan. Meski demikian, di lokasi tempat tenggelamnya para siswa merupakan pertemuan arus sungai yang kemungkinan di bawahnya terdapat arus pusaran air.

Baca juga: 11 Jenazah Korban Susur Sungai Ditemukan, Ini Daftarnya

“Cuma itu muara dua aliran sungai di depan mentok ada putaran air di dalam. Sebelas jenazah yang ditemukan itu dalam satu titik,” tutur Herdiat.

Sementara itu, dilansir dari suara.com, kegiatan susur sungai itu diikuti siswa yang berasal dari kelas 7 dan 8. Siswa MTs Harapan Baru Cijantung Ciamis ini mengikuti susur sungai yang merupakan kegiatan kepanduan Pramuka di Sungai Cileueur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya