[ X ] CLOSE

Susur Sungai Berujung Petaka, 11 Siswa MTs Ciamis Meninggal Dunia

Sebanyak 11 siswa MTS di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (Jabar) meninggal dunia saat melakukan kegiatan susur sungai.
Susur Sungai Berujung Petaka, 11 Siswa MTs Ciamis Meninggal Dunia
SOLOPOS.COM - Tim SAR dari BPBD Ciamis, Basarnas, TNI-Polri dibantu masyarakat melakukan pencarian sejak Jumat (15/10/2021) sore. (Detik)

Solopos.com, CIAMIS — Sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru di Ciamis meninggal dunia saat menlakukan kegiatan susur sungai di Sungai Cileueur, Ciamis, Jumat (15/10/2021) siang.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, memantau langsung pencarian para korban yang tenggelam. Dia mengonfirmasi pihak sekolah berkaitan jumlah siswa yang ikut kegiatan dan yang tenggelam.

“Walaupun baru sementara, dari 150 peserta yang mengikuti kegiatan, yang kembali ada 139 siswa ke sekolah. Tidak kembali kena musibah atau meninggal dunia sebelas orang. Yakni delapan lelaki dan tiga perempuan,” ujar Herdiat, dikutip dari detik.com, Jumat (15/10/2021).

Baca juga: Innalillahi…10 Siswa Tenggelam Saat Susur Sungai

Dia mewakili Pemerintah Kabupaten Ciamis menyampaikan duka cita atas insiden tersebut. Herdiat pun memastikan para siswa ini tengah berkegiatan susur sungai di Sungai Cileueur, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, Ciamis.

“Sebetulnya rutin dilaksanakan MTs Harapan Baru di Pesantren Cijantung Ciamis,” kata Herdiat.

Menurut dia, kondisi air di sungai itu sebetulnya tenang di permukaan. Namun di lokasi itu terdapat pertemuan arus sungai yang kemungkinan di bawahnya terdapat arus pusaran air.

“Cuma itu muara dua aliran sungai di depan mentok ada putaran air di dalam. Sebelas jenazah yang ditemukan itu dalam satu titik,” tutur Herdiat.

Diberitakan sebelumnya, kegiatan susur sungai siswa MTs Harapan Baru di Sungai Cileur ini dikabarkan menelan korban jiwa pada Jumat siang sekitar pukul 13.30 WIB.

Tim SAR dari BPBD Ciamis, Basarnas, TNI-Polri dibantu masyarakat melakukan pencarian siswa tenggelam sejak sore.

Baca juga: Ariel Noah Nukang Saat Jadi Pengangguran

Satu per satu jasad korban tenggelam berhasil ditemukan. Jasad korban kemudian dievakuasi ke IPJ RSUD Ciamis.

Pengurus Ponpes Cijantung, Dandeu Rifai, menyebutkan ada 100 orang siswa yang mengikuti kegiatan susur sungai di Sungai Cileuer, Ciamis itu.

“Kegiatan harusnya ada izin dari pesantren. Kami fokus melakukan pencarian terlebih dahulu,” ungkapnya.

 



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago