SOLOPOS.COM - Gedung Sapi Ndhekem menjadi icon Kabupaten Boyolali. (Abdul Jalil)

Solopos.com, BOYOLALIKabupaten Boyolali, Jawa Tengah, memiliki sejumlah julukan. Salah satunya yakni sebagai New Zealand van Java atau Selandia Baru di Pulau Jawa.

Julukan itu bukan isapan jempol belaka. Nama itu disematkan karena Boyolali memiliki potensi yang sama dengan New Zealand yakni sama-sama kota penghasil susu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mengutip dari penelitian yang dilakukan Asri Nur Kartika dengan judul Wisata Peternakan dan Pengolahan Susu Sapi di Boyolali, Boyolali memiliki sentra peternakan sapi perah terbesar di Jawa Tengah.

Fakta tersebut berbanding lurus dengan produksi susu di Boyolali yang otomatis juga tinggi. Susu sapi dari Boyolali banyak digunakan oleh industri susu skala besar di luar daerah sebagai bahan baku.

Fakta lain Boyolali si New Zealand van Java yakni meskipun memiliki populasi sapi perah terbesar di Jawa Tengah, angka impor susu di Kabupaten Boyolali juga terbilang tinggi.

Baca juga: Punya Julukan Boyolali Tersenyum, Ini Maknanya

Dilansir dari boyolali.go.id, Kepala Bidang (Kabid) Produksi Ternak Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali pada 2021, Gunawan Andriyanto mengatakan selalu ada tren peningkatan permintaan di Kabupaten Boyolali.

Tiga tahun terakhir ini, kata Gunawan, Kabupaten Boyolali memiliki jumlah sapi perah sebanyak 94.000. Jumlah tersebut tetap konsisten selama tiga tahun meskipun ada peningkatan sekitar 0,5 hingga 1 persen.

Dari 94.000 ekor sapi di Boyolali, kabupaten New Zealand of Java ini mampu menyumbangkan 49.000 ton/tahun atau setara 136 ton per hari. Angka tersebut tertinggi di Jawa Tengah atau menyumbang 49 persen di Jawa Tengah.

Banyaknya produksi susu tersebut yang kemudian membuat Boyolali semakin sah dilegitimasi sebagai New Zealand van Java.

Baca juga: PMK Merebak, Peternak Sambat Produksi Susu Sapi Boyolali Turun Drastis

Sama halnya dengan Boyolali, New Zealand juga dikenal sebagai kawasan peternak sapi. Terdapat ratusan peternak sapi di sana sehingga New Zealand disebut sebagai negara produsen susu terbanyak dan terbaik di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya