Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Surya Darmadi sudah Ditahan, Siapa Lagi Buron Kasus Korupsi?

Tersangka kasus dugaan korupsi penguasaan lahan sawit dan pencucian uang, Surya Darmadi, sempat masuk DPO sebelum akhirnya memehuhi panggilan Kejagung.
SHARE
Surya Darmadi sudah Ditahan, Siapa Lagi Buron Kasus Korupsi?
SOLOPOS.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku sampai saat ini belum mendapatkan informasi terkait keberadaan tersangka Harun Masiku yang telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).(Facebook)

Solopos.com, JAKARTA — Tersangka dugaan kasus korupsi penguasaan lahan sawit dan pencucian uang, Surya Darmadi, sempat masuk daftar pencarian orang (DPO) sebelum akhirnya memehuhi panggilan Kejaksaan Agung (Kejagung).

Surya Darmadi langsung ditahan selama 20 hari. Direktur Penyidikan (Dirdik) Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus), Supardi, mengatakan Surya Darmadi ditahan di Rutan Kejaksaan Agung (Kejagung).

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Di Rutan Kejaksaan Agung selama 20 hari,” ujar Supardi kepada wartawan, Senin (15/8/2022).

Setelah Surya Darmadi menjadi tersangka dan ditahan maka jumlah buronan kasus korupsi di Indonesia berkurang. Meski demikian, masih ada beberapa nama koruptor yang menjadi borunan.

Berikut koruptor yang masih menjadi buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK):

1. Harun Masiku

Harun Masiku tersangka kasus dugaan korupsi pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024. Dia sudah hilang sejak awal tahun 2020.

Baca Juga : Akhirnya! Bos PT Duta Palma Surya Darmadi Muncul di Kejaksaan Agung

KPK mengaku tidak bisa memerinci ihwal perkembangan pencarian buron kasus suap PAW anggota DPR periode 2019-2024 itu secara detail. Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, mengatakan bahwa informasi pencarian DPO secara berlebihan ke publik justru bisa kontraproduktif.

“KPK berharap publik memahami bahwa perburuan DPO tentu bukan kerja-kerja yang progresnya bisa disampaikan kepada publik secara mendetail. Karena hal ini justru akan menjadi kontraproduktif dalam proses pencariannya,” kata Ali kepada wartawan, Rabu (25/5/2022).

2. Bambang Sutrisno

Bambang Sutrisno merupakan terdakwa kasus penyelewengan dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia atau BLBI. Dia dianggap merugikan negara Rp1,5 triliun.

Hakim memvonis Bambang dengan hukuman penjara seumur hidup. Akan tetapi, sampai dengan saat ini keberadaan Bambang masih tidak diketahui atau masih borun.

Baca Juga : Masuk DPO, Mardani Maming Akhirnya Menyerahkan Diri ke KPK

3. Eddy Tansil

Eddy Tansil terlibat kasus korupsi Golden Key Group yang merugikan negara Rp1,3 triliun. Eddy Tansir sempat dipenjara, namun melarikan diri saat memeriksakan kesehatan jantung di Rumah Sakit Harapan Kita.

Eddy seharusnya dikawal ketat oleh petugas selama memeriksakan diri di rumah sakit tersebut. Sayangnya, tidak demikian saat itu sehingga dia melarikan diri.

Hingga saat ini Eddy Tansil masih menjadi DPO kasus korupsi. Eddy menjadi buron terlama karena terhitung 28 tahun hingga saat ini.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Surya Darmadi Ditahan, Berikut Koruptor yang Masih Buron



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode