Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Survei: Ungguli Tokopedia dan Lazada, Shopee Terpopuler di Indonesia

Hasil survei Ipsos menempatkan Shopee sebagai e-commerce yang paling populer di Indonesia pada kuartal IV/2021, mengungguli Tokopedia dan Lazada.
SHARE
Survei: Ungguli Tokopedia dan Lazada, Shopee Terpopuler di Indonesia
SOLOPOS.COM - ilustrasi

Solopos.com, JAKARTA — Hasil survei Ipsos menempatkan Shopee sebagai e-commerce yang paling populer di Indonesia pada kuartal IV/2021, mengungguli Tokopedia dan Lazada.

“Kami menggunakan 4 indikator, yaitu Brand Use Most Often, platform mana yang paling sering digunakan, Top of Mind, merek mana yang ada di urutan pertama benak konsumen, penetrasi konsumen, seberapa banyak jumlah penggunaan dalam jumlah transaksi, dan nilai transaksi dalam tiga bulan terakhir,” kata Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia Andi Sukma melalui siaran pers, Sabtu (29/1/2022).

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Berdasarkan indicator Brand Use Most Oftenini, 54 persen responden memilih Shopee, disusul dengan Tokopedia 30 persen dan Lazada 13 persen.

Indikator Top of Mind, Shopee menduduki peringkat pertama 54 persen, diikuti oleh Tokopedia 27 persen dan Lazada 12 persen. Artinya Shopee adalah merek atau platform e-commerce yang paling diingat oleh mayoritas konsumen Indonesia.

Baca Juga: Hadirkan Semangat UMKM Lokal di Semarang, Ini Promo dari ShopeePay

Indikator pangsa pasar jumlah transaksi (share of order), Shopee juga berhasil mencatatkan pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi dalam tiga bulan transaksi, yakni 41 persen, diikuti dengan Tokopedia 34 persen dan Lazada 16 persen.

Indikator pangsa pasar nilai transaksi, Shopee menduduki peringkat pertama yang mencatatkan pangsa pasar nilai transaksi terbesar, yaitu 40 persen. Peringkat kedua disusul oleh Tokopedia 30 persen dan Lazada 16 persen.

“Selain 4 indikator utama, riset kali ini juga ditujukan untuk melihat bagaimana perilaku serta antusiasme masyarakat dalam menyambut kemeriahan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas,” kata Andi. Adapun survei itu melibatkan 1.000 responden dari usia 18 – 35 tahun ke atas.

Baca Juga: Laptop Senilai Rp67 Juta Dibawa Kabur Kurir, Tokopedia Kembalikan Dana

Penelitian ini dilakukan tidak hanya di kota Tier 1 seperti Jakarta dan kota besar lainnya – yang menjadi barometer, tetapi juga di kota-kota Tier 2 dan Tier 3 yang memiliki potensi untuk menjadi penopang pertumbuhan Indonesia di masa yang akan datang.

Pada laporan Map of E-commerce in Indonesia yang diterbitkan oleh iPrice pada kuartal ketiga 2021, diketahui bahwa Tokopedia rata-rata memiliki 158,13 juta pengunjung website per bulannya.

Posisi Tokopedia dari segi pengunjung web berada di depan Shopee yang berada di posisi kedua dengan 134,38 juta pengunjung web pada periode yang sama.

Baca Juga: Siap-Siap! Belanja Online di Lazada hingga Tokopedia Kena Pajak Per 1 Desember

Namun, bila berdasarkan, data SimilarWeb for App Performance tentang aplikasi e-commerce di Indonesia, Shopee memiliki jumlah Daily Active User (DAU) atau pengunjung aktif harian yang melampaui Tokopedia.

Selama bulan Desember 2021, jumlah pengunjung aktif harian aplikasi Shopee mencapai 33,27 juta, sementara aplikasi Tokopedia di angka 8,82 juta.

“Dapat disimpulkan bahwa Shopee mengungguli persaingan e-commerce di Indonesia untuk periode kuartal IV/2021. Dan, kita akan terus melihat geliat persaingan e-commerce ini, baik melalui layanan maupun promosi yang ditawarkan,” kata dia.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode