Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Survei TBRC: Airlangga Hartarto Ungguli 8 Ketum Parpol Jadi Capres

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mendapat suara terbanyak ketua umum parpol yang bisa menjadi capres dari hasil survei TBRC.
SHARE
Survei TBRC: Airlangga Hartarto Ungguli 8 Ketum Parpol Jadi Capres
SOLOPOS.COM - Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, saat memberikan pengarahan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Pemenangan Pemilu, se-Sulawesi, di Hotel Claro, Makassar, Jumat (11/3/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA—Lembaga Survei Timur Barat Research Center (TBRC) merilis hasil survei persepsi masyarakat terhadap tokoh partai politik yang berpotensi menggantikan Presiden Joko Widodo di Pemilu 2024 mendatang.

Hasilnya, dari sembilan nama ketua umum parpol yang memiliki kursi di parlemen Senayan, nama Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menduduki posisi teratas.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Direktur Eksekutif TBRC Yohanes Romeo menjelaskan sebanyak 2.200 responden dari 34 provinsi di Indonesia menyebutkan nama Airlangga untuk dipilih sebagai calon presiden 2024.

Menurut Yohanes, hal ini wajar karena masyarakat memahami aturan syarat ambang batas pencalonan presiden hanya partai politik yang memenuhi minimal 20% yang kemudian bisa mengajukan calon presiden.

“Ketua Umum Partai Golkar paling banyak dipilih, yaitu dipilih sebanyak 29,8%. Kemudian di urutan kedua ada Ketum Gerindra Prabowo Subianto dipilih sebanyak 22,8%,” tutur Yohanes dalam rilis surveinya, Selasa (22/3/2022).

Yohanes menambahkan di bawah nama Prabowo, muncul nama Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan 10,1%. Disusul Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (4,6%) dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (4,4%).

Nama Airlangga juga muncul sebagai capres dengan elektabilitas tertinggi pada dua simulasi yang dilakukan pada survei TBRC. Yakni, melalui simulasi pertanyaan spontan dan pertanyaan tertutup.

Pada simulasi pertanyaan spontan, Airlangga dipilih 13,7% responden. Di urutan kedua, muncul nama Prabowo yang dipilih 13,6%, disusul nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 7,8%.

Dalam simulasi pilihan tertutup terhadap 17 nama, Airlangga Hartarto mendapatkan dukungan terbanyak 20,2%. Di urutan kedua ditempati Prabowo Subianto mendapat dukungan terbanyak 14,6%, disusul Ganjar Pranowo 9,8%, Andika Perkasa 6,40%.

Yohanes mengatakan tingginya tingkat keterpilihan Airlangga berkorelasi dengan posisinya sebagai Menko Perekonomian dengan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi–Ma’ruf saat ini.

“Khususnya yang berkaitan dengan perekonomian, masyarakat menunjukan indikator tingkat kepuasan publik yang sangat tinggi hingga 81,2% untuk masalah perekonomian,” ujar Yohanes.

Selain itu, tingginya elektabilitas Airlangga dari semua nama potensial capres juga diikuti meroketnya elektabilitas Partai Golkar.

Pada simulasi pertanyaan spontanitas, Partai Golkar dipilih sebanyak 13,8% responden. Posisi kedua ditempati Partai Gerindra dengan 11,6%. PDIP yang menjadi partai pemenang Pemilu 2019 di urutan ketiga dengan 11,4%.

Golkar juga menempati urutan teratas pada pertanyaan yang disajikan dalam daftar kuesioner parpol pilihan jika pemilu digelar saat survei. Golkar meraih persentase 17,4% disusul Gerindra 14,9%, dan PDIP 14,7%.

Yohanes mengaku survei ini digelar pada 2 hingga 17 Maret 2022. Survei menggunakan metode multistage random sampling, dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan memiliki margin of error -/+ 2,1%.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode