Survei LSI: Airlangga Hartarto King Maker Pilpres 2024
Solopos.com|news

Survei LSI: Airlangga Hartarto King Maker Pilpres 2024

Dalam survei, tiga tokoh yang muncul sebagai king/queen maker yaitu Megawati Soekarnoputri, Airlangga Hartarto, dan Prabowo Subianto.

Solopos.com, JAKARTA -- Peneliti Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Adjie Alfaraby, mengungkapkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merupakan king maker Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Di antara tiga nama itu, Adjie mengatakan, Airlangga menjadi king maker paling lengkap di antara tiga nama lainnya.

"Kita lihat Airlangga sebenarnya termasuk kategori king maker yang lengkap, paling komplet, karena selain berpotensi, selain punya kapasitas untuk menjadi king maker pada 2024, Airlangga Hartarto masih punya potensi menjadi capres maupun cawapres," kata Adjie, Kamis (17/6/2021).

Kemudian, Adjie mengungkapkan, Megawati dinilai hanya berpotensi menjadi queen maker. Hal tersebut karena Megawati sudah dianggap sebagai ibu bangsa sehingga kecil kemungkinan untuk maju kembali pada Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga: Puan Maharani Posting Kunker di Solo, Netizen: Kok Malah Main Medsos

Sementara itu, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, di samping sebagai king maker pada 2024, Prabowo juga punya potensi menjadi capres pada 2024 dan tidak lagi berpotensi jadi calon wakil presiden. Hal tersebut karena pada Pilpres 2014 dan 2019 lalu Prabowo sudah mencalonkan diri sebagai capres.

"Dari tiga nama ini, yang paling terbuka peluangnya Airlangga Hartarto, baik sebagai capres maupun cawapres dari Golkar," ungkapnya.

survei Airlangga Hartarto
Hasil survei LSI Denny JA yang menyebut ada tiga king atau queen maker dalam Pilpres 2024 yaitu Megawati, Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto.

Sebelumnya, Adjie menyebut setidaknya ada tiga tokoh king/queen maker pada Pilpres 2024 mendatang. Dalam survei, tiga tokoh yang muncul sebagai king/queen maker yaitu Megawati Soekarnoputri, Airlangga Hartarto, dan Prabowo Subianto.

"Mengapa ada tiga tokoh ini yang kita sebut sebagai king/queen atau maker 2024 karena pertama adalah mereka sudah mengantongi minimal 3/4 tiket atau tiket penuh [mencalonkan capres/cawapres]," kata Adjie dalam paparan hasil survei LSI Denny JA terbaru bertajuk '3 King/QueeN Maker Pilpres 2024 dan Komplikasinya', Kamis (17/6/2021).

Baca Juga: Tokoh Baru Bermunculan, Pilpres 2024 Banyak Pilihan Capres

Dalam surveinya, LSI Denny JA menyebut belum ada capres premium karena elektabilitasnya semua di bawah 25%. Lima besar dari survei itu adalah Prabowo Subianto 23,5%, Ganjar Pranowo 15,5%, Anies Baswedan 13,8%, Sandiaga Uno 7,6%, dan Airlangga Hartarto 5,3%.

Hasil survei LSI Denny JA
Hasil survei LSI Denny JA



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago