SOLOPOS.COM - Mantan wali kota Solo yang kini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan calon presiden PDI Perjuangan untuk Pilpres 2014. (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo  (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Lagi-lagi mantan wali kota Solo yang kini Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) menjadi sosok paling populer untuk dipilih pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014. Kali ini yang membuktikan adalah polling nasional yang dirilis oleh Aliansi Pemuda Indonesia untuk Perubahan, Rabu (24/7/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Polling ini dilakukan dengan metode telepolling atau tanya jawab melalui telepon dengan 650 responden, dengan komposisi 50% wanita dan 50% pria. Sekitar 20,7% responden memilih Jokowi sebagai calon presiden yang akan mereka pilih. Membuntuti Jokowi di posisi kedua adalah Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto yang mendapatkan dukungan 11,2%. Sedangkan posisi ketiga diraih oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan dengan jumlah 7,8% dukungan.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Ketua Umum Aliansi Pemuda Indonesia untuk Perubahan, Salman Dianda, alasan utama Jokowi paling banyak dipilih oleh rakyat untuk menjadi presiden pada 2014 adalah karena Jokowi mereka anggap orang biasa. Rakyat juga merindukan sosok pemimpin yang mau terjun secara langsung dan melihat kondisi rakyat kecil. “Ada kebijakan-kebijakan yang tidak kaku dan mengarah kepada prorakyat, hal itulah yang menyebabkan Jokowi masih cukup populer di kalangan rakyat,” ujar Salman.

Abraham Samad menjadi tokoh kaum muda yang dianggap paling tepat untuk menjadi wakil presiden pada Pilpres 2014. Sekitar 13,1 persen responden memilihnya sebagai wapres.  Kemudian Rektor Universitas Paramadina, Anies Rasyid Baswedan, menduduki posisi kedua dengan  jumlah pemilih 12,6%. Sedangkan posisi keempat ditempati oleh Presiden PKS Anis Matta dengan jumlah pemilih sekitar 5,3%.

Menurut hasil polling, jika Jokowi terpilih sebagai presiden, kandidat yang dianggap paling tepat untuk menjadi wapres adalah Dahlan Iskan. Di posisi kedua adalah Ahok dan posisi ketiga Prabowo. Jika Jokowi tidak terpilih sebagai presiden pada 2014, sebagian responden menginginkan Jokowi sebagai wapres dan mendampingi siapa pun yang maju menjadi presiden. Sedangkan bila Prabowo Subianto terpilih menjadi presiden, hasil polling menyatakan bahwa Jokowi merupakan kandidat yang paling tepat untuk menjadi wapres, selanjutnya Wiranto dan Jusuf Kalla berada di posisi akhir.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya