SOLOPOS.COM - Komparasi Popularitas Capres-Cawapres versi Facebook (facebook.com)

Solopos.com, SOLO – Jejaring sosial Facebook punya fitur baru mengukur tingkat popularitas capres-cawapres. Versi Facebook, pertarungan Prabowo vs Jokowi dimenangkan Jokowi dengan keunggulan tipis 3,13%. Popularitas diukur berdasarkan jumlah mention.

Facebook meluncurkan sebuah aplikasi Pilpres 2014. Fitur berjudul Facebook Suara Indonesia ini, pengguna facebook dapat melihat tingkat popularitas kandidat capres dan cawapres. Pantauan Solopos.com, Kamis (26/6/2014), aplikasi ini telah eksis di situs facebook.com. Laman dimuat simple, hanya petunjuk popularitas.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

“Peringkat calon presiden dan calon wakil presiden dipresentasikan berdasarkan jumlah mentions pada Facebook,” tulis Facebook menggambarkan cara pengukuran popularitas.

Fitur ini diluncurkan Facebook bersama Bubu.com. Dalam situs itu, terdapat pilihan untuk melihat tingkat popularitas capres-cawapres berdasarkan daerah. Ada pilihan untuk setiap provinsi dan akumulasi seluruh Indonesia.

Dalam kolom pilihan selanjutnya juga ada rentang waktu, mulai dari yang paling dekat satu hari hingga yang paling lama 25 hari sebelumnya. Pilihan gender juga disematkan dalam kolom. Pihak Facebook menyertakan peta persebaran, statistik dan

Dalam penghitungannya, dengan kategori berdasarkan seluruh gender, umur dan daerah, Jokowi menempati posisi puncak dengan 50,02%. Sedangkan Prabowo menempati urutan kedua dengan 46,96%. Peringkat ketiga ditempati Jusuf Kalla dengan1,52% unggul tipis di atas Hatta Rajasa yang memperoleh 1,49%.

Hal yang kontras terjadi pada jumlah follower akun. Jokowi yang baru saja membuat akun verified di-follow 42.000-an akun. Sedangkan Prabowo unggul jauh dengan 6,7 juta. Sedangkan Jusuf Kalla berada di posisi kedua dengan 952.000-an akun dan Hatta dengan 256.000-an follower.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya