SOLOPOS.COM - Airlangga Hartarto. (Instagram/@airlanggahartarto_official)

Solopos.com, JAKARTA-Survei Warna Institute menempatkan nama Menteri Koordinator  Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai calon presiden atau capres teratas jika dipasangkan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maupun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Direktur Eksekutif Warna Institute Rinjani Dwi Harini menuturkan, dalam simulasi Airlangga-Ganjar, pasangan calon ini dipilih terbanyak responden dengan 40,8 persen. “Jika dipasangkan sebagai capres dan cawapres, didapati dari hasil survei pasangan Airlangga Hartarto-Ganjar Pranowo menjadi pasangan yang paling banyak dipilih dengan tingkat keterpilihan 40,8 persen,” tutur Rinjani dalam paparan surveinya dalam keterangan pers, Kamis (1/9/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di simulasi ini, paslon urutan kedua ditempati Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar dengan 20,1 persen. Sementara di urutan ketiga, muncul nama pasangan Anies Baswedan-Puan Maharani yang dipilih sebanyak 16,2 persen dari 2.200 responden.

Baca Juga: Antisipasi Krisis Tak Terduga, Airlangga Tegaskan Pentingnya Persatuan ASEAN

Rinjani menambahkan dalam simulasi tiga nama lain, Airlangga yang dipasangkan dengan Anies Baswedan juga menjadi paslon paling banyak dipilih atau capres teratas. Airlangga-Anies dipilih sebanyak 32,4 persen responden.

Sementara di urutan kedua, Prabowo Subianto-Andika Perkasa dipilih sebanyak 31,1 persen, disusul Ganjar Pranowo-Puan Maharani dengan 20,3 persen.

Menurut Rinjani, nama Menko Airlangga Hartarto muncul sebagai capres teratas dalam hasil survei ini didukung dengan elektabilitas Ketum Golkar yang tinggi dalam survei yang sama. Warna Institute menemukan sebanyak 29,2 persen responden memilih Airlangga jika pilpres digelar saat survei.

Baca Juga: Menko Airlangga: Potensi Investasi di Kawasan Ekonomi Khusus Harus Ditingkatkan

Di urutan kedua, muncul nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga Ketua Umum Partai Gerindra yang dipilih 24,7 persen responden.

Di urutan selanjutnya, muncul nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan 10,7 persen, Ganjar Pranowo (6,2 persen), dan Anies Baswedan (4,2 persen).

Tingginya elektabilitas Airlangga meski dipasangkan dengan Anies dan Ganjar ini dipengaruhi dengan penilaian publik terkait kinerja para tokoh publik. Pada pertanyaan ‘tokoh mana yang kebijakan dan programnya paling dirasakan memberi dampak pada kehidupan masyarakat?’ nama Airlangga muncul di urutan teratas dengan 79,4 persen jawaban responden.

Baca Juga: Dukung Airlangga Jadi Capres, Kiai Aos: Banyak Kerja, Tak Suka Pencitraan

“Airlangga Hartarto dinilai sebagai tokoh bakal capres yang kebijakannya dan programnya banyak membantu masyarakat disaat kesulitan ekonomi keluarganya akibat dampak Covid-19 dan penanggulangan Covid-19. Hal ini tercermin dari 79,4 persen jawaban respoden,” ujar Rinjani.

Nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto muncul di urutan kedua dengan 40,2 persen, dan Ketua DPR Puan Maharani di posisi ketiga dengan 40,2 persen. Temuan ini juga berkorelasi dengan tingkat kepuasan responden terkait kebijakan Pemerintahan Presiden Jokowi-Maruf Amin.

Baca Juga: LSI Denny JA Sebut Airlangga Sosok Capres Kuat dari KIB, Ini Alasannya

Tingkat kepuasan responden pada kinerja pemerintahan di bidang ekonomi mencapai 85,8 persen. Selanjutnya, sebanyak 80,9 persen responden juga puas dengan kinerja bidang keamanan, 80,2 persen puas dengan kinerja bidang kesehatan, 74,9 persen puas dengan kinerja bidang pendidikan, dan 72,7 persen puas dengan penegakan hukum.

Survei Warna Institute yang menempatkan Airlangga sebagai capres teratas ini dilakukan pada 12-24 Agustus 2022. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error sekitar 2,09 persen. Penentuan jumlah data yang disurvei mengunakan metode multistage random sampling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya