SOLOPOS.COM - Ilustrasi mahasiswa. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SOLO — Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo tidak tahu menahu ihwal surat pemberitahuan siswa nominasi penerima bantuan beasiswa PIP berkop surat Ketua DPR RI, Puan Maharani, yang beredar di kalangan warga Solo beberapa hari lalu.

Penegasan tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Solo, Etty Retnowati, saat dimintai tanggapan Solopos.com melalui pesan Whatsapp (WA), Minggu (3/10/2021). “Kepadanya bukan Disdik, kami tak tahu,” ujarnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Etty juga menyatakan sejauh ini tidak menerima tembusan surat tersebut. Dalam beasiswa pemerintah program PIP, menurutnya, Disdik Solo hanya menindaklanjuti surat dari Kemendikbud-Ristek, bukan orang per orang.

Baca Juga: PPKM Solo Turun ke Level 2: Wisata Ditambah, Tempat Karaoke Boleh Buka

Penuturan senada disampaikan Kepala Bidang (Kabid) SD-SMP Disdik Solo, Abdul Haris Alamsah, saat wawancara dengan Solopos.com, Senin (4/10/2021). “Kalau isinya saya tidak tahu. Sebab waktu itu saya dinas luar kota,” katanya.

Abdul Haris mengaku tidak hafal jumlah penerima beasiswa PIP jenjang SD-SMP di Kota Solo. Sepengetahuannya, tidak semua siswa dari keluarga tidak mampu mendapat beasiswa itu karena kuotanya terbatas.

beasiswa puan maharani solo
Surat berkop Puan Maharani berisi tentang nominasi siswa penerima beasiswa PIP yang diterima warga Solo, Selasa (28/9/2021). (Istimewa)

“Saya tidak hafal. Kemarin ada pemberitahuan agar segera pencairan. Karena paling lambat tanggal berapa begitu. Istilahnya aktivasi bank. Nanti kan aktivasi rekening bank, beasiswanya langsung masuk rekening itu,” tuturnya.

Baca Juga: Soloraya PPKM Level 2, Pusat Kebugaran dan Bioskop Diperbolehkan Buka

Diberitakan sebelumnya, seorang warga Mojosongo, Jebres, Solo, mengirimkan foto surat pemberitahuan siswa nominasi penerima bantuan beasiswa PIP dengan kop surat Ketua DPR RI Puan Maharani kepada Solopos.com. Surat tersebut ditujukan kepada wali murid di Kota Bengawan.

Aktivasi Rekening

Foto surat itu dikirimkan melalui pesan Whatsapp (WA), Selasa (28/9/2021). Tapi yang bersangkutan berpesan agar identitasnya tidak disebutkan dalam pemberitaan.

Ia mengaku mendapatkan foto surat itu dari kenalannya. Pada bagian kanan tertulis waktu pembuatan surat yakni Agustus 2021. Sedangkan di bagian kiri tertulis sifat surat penting dan perihalnya pemberitahuan pencairan beasiswa Program PIP 2021.

Baca Juga: Heboh Cuitan Pigai Serang Jokowi, Gibran: Enggak Usah Ditanggapi

Sementara isi surat pemberitahuan nominasi beasiswa berkop Puan Maharani yang diterima warga Solo itu memuat siswa dengan nama, tempat sekolah, nama ibu kandung, dan nomor virtual account.

Dijelaskan bahkan yang tertulis di surat itu merupakan penerima dana program PIP untuk jenjang sekolah menengah pertama (SMP) Rp750.000 atas aspirasi Puan.

Di kalimat berikutnya tertulis, SK nominasi tersebut adalah SK yang diberikan kepada siswa yang baru mendapatkan PIP 2021. Dijelaskan juga untuk aktivasi rekening di Bank BRI harus menggunakan surat keterangan dari sekolah.

Baca Juga: Surat Nominasi Beasiswa PIP Berkop Puan Maharani Beredar di Solo

Jika jumlah siswa penerima di satu sekolah cukup banyak disarankan untuk mengaktivasi rekening secara kolektif melalui sekolah. Aktivasi paling lambat dilakukan pada Kamis (30/9/2021) dan tidak langsung mencairkan dana PIP. Pencairan dilakukan setelah hari itu.

Untuk mencairkan dana program PIP di Bank BRI dilakukan dengan datang langsung membawa surat keterangan sekolah yang ditandatangani kepala sekolah, KTP asli dan fotokopi KTP orang tua, fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan nomor virtual account.

Pada bagian bawah juga tercantum penjelasan agar dana PIP diambil langsung oleh siswa penerima bantuan didampingi orang tua atau wali atau kepala sekolah. Seperti surat pada umumnya, pada bagian kanan bawah tertulis nama pengirim surat, Puan Maharani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya