SOLOPOS.COM - Ketua DPC Partai Demokrat Kota Solo, Supriyanto. (Istimewa-tangkapan layar)

Solopos.com, SOLO — Mantan angota DPRD yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Solo, Supriyanto, memastikan maju lagi sebagai caleg pada Pemilu 2024 mendatang. Secara keseluruhan, Partai Demokrat yang pada 2019 lalu tak dapat satu pun kursi, pada 2024 mengincar lima kursi.

Diwawancara Solopos.com, Selasa (8/11/2022), Supriyanto mengaku mendapatkan banyak pelajaran dari kontestasi Pemilu 2019. Sebab saat itu Partai Demokrat gagal menempatkan kadernya di DPRD Kota Bengawan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Padahal pada periode 2014-2019 ada tiga kader Partai Demokrat yang mendapat amanah sebagai wakil rakyat. Tiga kader Partai Demokrat yang kala itu menjadi anggota DPRD Solo yaitu Supriyanto, almarhumah Renny Widyawati, dan Suranto.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami mendapat pelajaran penting dari Pemilu 2019 di mana tidak ada satu pun kader Partai Demokrat Solo yang lolos ke DPRD Solo. Dengan bekal pelajaran itu kami harus lebih siap menghadapi Pemilu 2024,” ujarnya.

Supriyanto menjelaskan saat ini Demokrat tengah melakukan penjaringan caleg-caleg potensial untuk maju ke DPRD Solo. Penjaringan dilakukan terhadap figur-figur internal yaitu kader terbaik Partai Demokrat, maupun figur-figur eksternal.

Baca Juga: Tak Mau Kalah, Partai Demokrat Siapkan 3 Caleg Wajah Baru untuk DPRD Solo 2024

Figur eksternal itu, menurut Supriyanto, dari kalangan tokoh-tokoh masyarakat. Ada juga beberapa kader potensial dari partai lain yang tengah menjajaki kemungkinan untuk bergabung dengan Partai Demokrat dan maju sebagai caleg DPRD Solo.

Supriyanto menargetkan Partai Demokrat bisa mengisi maksimal kuota caleg DPRD Solo di masing-masing dapil. “Target kami setidaknya bisa mengisi 90 persen dari kuota kursi. Partai Demokrat mendapat lima kursi DPRD Solo,” urainya.

Target lima kursi DPRD Solo itu, menurut Supriyanto, masing-masing satu kursi dari lima dapil yang ada. Untuk mendukung target perolehan lima kursi DPRD Solo, Supriyanto menyatakan akan kembali maju sebagai caleg DPRD Kota Solo melalui Dapil Banjarsari II.

Baca Juga: Kelakar Jokowi soal Pilpres 2024 Jatah Prabowo Dikritik Partai Demokrat

“Saya akan maju lagi melalui Dapil saya Banjarsari II,” paparnya. Ia menekankan kepada para caleg Partai Demokrat dan para kader untuk selalu kompak dan solid. Sebab Partai Demokrat lebih mengutamakan pendekatan super tim.

Dengan model itu, menurut Supriyanto, jajaran pengurus dan kader partai harus selalu hadir di tengah-tengah masyarakat. Kader Partai Demokrat diminta bisa untuk menjadi solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya