SOLOPOS.COM - Ilustrasi fenomena Supermoon. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA - Fenomena Supermoon bakal terlihat di langit pada Senin (9/3/2020) malam ini. Supermoon kali ini terbilang langka lantaran bulan bakal terlihat lebih terang dan lebih besar dari fenomena purnama biasa.

Dilansir Cnet, Senin, Almanac Old Farmers menyebut Bulan akan mencapai puncak kepenuhan pada pukul 10:48 pagi PT (waktu setempat) pada Senin (9/3/2020), dan kemudian akan berada di perigee pada Senin pukul 11:31 malam PT (waktu setempat).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Puncak Supermoon Malam Ini Pukul 22.35 WIB, Ini Penjelasan BMKG

Tetapi jika Anda tidak berencana untuk bangun pada jam itu, Anda punya slot waktu lain untuk dilihat. Bulan akan muncul penuh dari Minggu sampai Selasa malam (waktu setempat).

Bulan Purnama diberikan nama panggilan sesuai dengan Bulan terjadinya. Banyak julukan Bulan Purnama pada Maret ini, seperti yang digunakan dalam Almanac Old Farmers, termasuk Worm Moon yang terdengar bernuansa Halloween dilengkapi dengan gambaran Burung Gagaknya.

Waspada! Supermoon Malam Ini Picu Rob Maksimal

Almanac melaporkan bahwa nama panggilan Worm Moon datang dari fakta bahwa di banyak bagian AS, Maret adalah ketika tanah melunak dan cacing tanah mulai muncul kembali. Itu mendorong burung keluar untuk mengudapnya.

Bulan Purnama berikutnya setelah Senin malam ini adalah Supermoon yang akan terjadi pada 7 April. Supermoon terakhir terjadi sebulan lalu, selama akhir pekan 9 Februari lalu.

Sehari Lagi Nonton Supermoon Yuk?

Fenomena Supermoon

Supermoon atau Bulan Super merupakan keadaan yang menggambarkan ketika posisi bulan berada di jarak terdekat dengan Bumi sehingga terlihat sangat besar atau super. Istilah ini diberikan oleh para astrolog.

Namun sebagian ilmuwan menentang pemberian istilah ini karena bulan super atau supermoon bisa diartikan sebagai bulan purnama atau bulan baru.

Supermoon merupakan peristiwa langka. Terkadang terjadinya supermoon pun tidak terlalu kelihatan oleh kita yang hanya mengamati bulan dengan mata telanjang.

Padahal supermoon menampilkan bulan dengan tampilan yang lebih besar dan cahaya yang lebih terang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya