top ear
SUPERMOON : Inilah Jadwal Supermoon 2014
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi supermoon (Themarysue.com)

SUPERMOON : Inilah Jadwal Supermoon 2014

Diterbitkan Minggu, 26/01/2014 - 23:31 WIB
oleh Solopos.com/Septina Arifiani/JIBI/Solopos
1 mnt baca -

Solopos.com, SOLO – Kabar gembira bagi Anda penggemar dunia astronomi. Setidaknya ada 5 fenomena alam supermoon akan hadir pada tahun 2014 ini. Dipantau Solopos.com di laman khusus astronomi Earth Sky, Minggu (26/1/2014), fenomena supemoon akan hadir 5 kali pada tahun 2014 ini.

Supermoon atau bulan super merupakan istilah yang digunakan oleh para astrolog untuk menggambarkan keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi. Para ahli astronom sebelumnya belum mengetahui istilah supermoon.

Mereka menyebut bulan super dengan sebutan bulan purnama perigee. Namun seorang astrolog bernama Richard Nolle menyebut hal ini dengan istilah Supermoon hingga akhirnya menjadi sebuah nama yang lebih fenomenal.

Para astronom mulai akrab dengan nama supermoon pada tahun 2011, kala itu beberapa media massa menggunakan istilah supermoon untuk menggambarkan bulan purnama yang terjadi pada tanggal 19 Maret 2011. Pada tanggal itulah bulan berjarak paling dekat dengan bumi dan merupakan bulan purnama terbesar di tahun 2011.

Secara spesifik, supermoon merupakan bulan baru yang berjarak lebih lebih pada jarak 90% lebih dekat dengan bumi. Ketika fenomena ini terjadi, penampakan bulan akan cenderung lebih besar dan lebih terang dari biasanya, meskipun hanya terjadi perubahan jarak dalam beberapa kilometer.

Di waktu mendatang, fenomena supermoon akan hadir pada tanggal 1 dan 30 Januari, 12 Juli, 10 Agustus, dan 9 September. Sementara untuk penampakan bulan terbesar terjadi pada tanggal 10 Agustus, di mana bulan memang tengah berada di posisi terdekatnya dengan bumi yang hanya berjarak 356.896 km.

 


Editor : Rahmat Wibisono ,
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya