SOLOPOS.COM - Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLOPolresta Solo menerapkan pengamanan yang ekstra ketat pada acara closing ceremony atau penutupan ajang ASEAN Para Games atau APG 2022 di Solo, Sabtu (6/8/20220 ini. Kehadiran Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) pada acara itu menjadi salah satu alasan ketatnya pengamanan.

Polresta akan menyiapkan tiga ring penjagaan untuk mengawal penutupan Asean Para Games 2022 yang akan digelar di Stadion Manahan. Sebanyak 2.137 personel gabungan akan disiagakan di lokasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tim gabungan tersebut terdiri dari Polri, TNI, dan Pemerintah Kota Solo. Dalam keterangan pers tertulis yang diterima Solopos.com, Kamis (4/8/2022), Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menjelaskan pengamanan APG 2022 akan mengerahkan personel gabungan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Dalam rangka untuk mengamankan penutupan Asean Para Games tersebut, kami akan menyiapkan 2.137 personel yang terdiri dari gabungan Polri maupun TNI termasuk dengan kolaborasi Pemerintah Kota Solo,” ujar Ade lewat siaran pers tersebut.

Kedatangan Presiden Jokowi yang merupakan tamu VVIP membuat pengamanan dibagi menjadi tiga ring. Pertama di dalam Stadion Manahan, ring kedua di area parkir Stadion Manahan, dan ring ketiga pagar luar sepanjang Stadion Manahan.

Baca Juga: BCL Bantah Tampil di Closing Ceremony ASEAN Para Games 2022

“Selain tiga ring tersebut kami juga akan menerjunkan lima tim gabungan dari Polri, TNI dan Pemerintah Kota Solo yang akan memonitor keamanan dan ketertiban masyarakat. Lalu keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas baik sebelum, saat, maupun setelah acara,” tambah Ade Safri.

Kepulangan Atlet

Sedangkan untuk pengamanan kepulangan atlet APG 2022 seusai penutupan, Polresta Solo akan menerapkan pengamanan khusus atlet pada Minggu (7/8/2022). Selama penyelenggaraan APG 2022, Polresta Solo terus melakukan pengawalan bukan hanya atlet namun juga ofisial.

“Tanggal 7 Agustus 2022 schedulnya para atlet akan kembali ke negara asal. Tidak ada penutupan jalan maupun rekayasa lalu lintas saat kedatangan tamu VVIP. Semuanya tetap berlaku normal namun kami perkuat pada rute-rute yang dilalui,” ungkap Kapolresta.

Baca Juga: Presiden Jokowi akan Hadiri Closing Ceremony APG 2022, Catat Tanggalnya

Bagi tamu undangan yang akan masuk ke Stadion Manahan juga akan menjalani pengecekan ketat, baik tamu hingga barang bawaan diperiksa oleh petugas di pintu masuk. Petugas pemeriksa ini juga gabungan dari Polri, TNI, dan Pemkot Solo.

“Kemudian yang kedua kami juga akan melakukan penggeledahan semua bawaan keseluruhan para tamu yang masuk ke Stadion Manahan terkait barang yang dilarang seperti korek api, flash, laser point, serta barang berbahaya lainnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya