SOLOPOS.COM - Sup Becek Iga (Facebook/NU Sampai Mati)

Solopos.com, GROBOGAN —  Sup Becek Balungan Iga (Disingkat : Sup Becek Iga) adalah makanan ikonik khas Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Karya kuliner ini dibuat dari iga sapi atau iga kerbau yang disajikan dengan kuah yang sudah diberi bumbu rempah serta daun kedondong dan dayakan.

Berdasarkan pantauan Solopos.com melalui kanal Youtube Trans 7 Official, Sabtu (4/6/2022), Sup Becek Iga ini dulu hanya disajikan saat hajatan besar, seperti acara pernikahan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu membuat porsinya besar agar setiap tamu yang hadir dalam hajatan tersebut bisa mendapatkan jatah untuk menikmati lezatnya sup iga ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Sedangkan penamaan ‘Becek’ berasal dari porsi kuah yang banyak tersebut sehingga makanan ini terlihat sangat banjir. Pengolahan makanan ini diawali dengan mempersiapkan balungan iga sapi atau iga kerbau serta beberapa bumbu rempah, seperti bawang putih, bawang merah, merica, ketumbar, cabai rawit, kencur, garam, gula, dan terasi. Tidak lupa juga daun kedondong dan dayak.

Bumbu rempah kemudian dihaluskan bersama-sama dan kemudian dicampurkan ke dalam rebusan iga. Tidak lupa juga memasukan daun kedondong dan dayakan dalam rebusan iga tersebut lalu masak hingga matang atau sampai daging iga yang direbus lunak dan gampang lepas dari tulang (Fall off the bone).

Baca Juga: Misteri Asal-Usul Gunung Wurung Kebumen: Buatan Dewa Kayangan?

Rasa dari sup becek iga ini tentunya kaya akan rempah dan ada sensasi asam segar yang berasal dari daun kedondong dan juga daun dayakan. Sup ini semakin mantap jika dinikmati dengan sambal khasnya, yaitu sambal tumis cabai hijau yang disuguhkan tanpa dihaluskan. Bagi penikmat pedas bisa merasakan sambal cabai hijau dengan sensasi cabai yang masih renyah.

Side dish atau makanan pendamping kuliner khas Grobogan ini adalah aneka berupa gorengan, seperti tempe goreng, tahu goreng, perkedel atau kerupuk. Dengan tekstur sup yang basah dan renyahnya gorengan, dijamin bisa menambah kenikmatan menyantap sup becek balungan iga ini.

Baca Juga: Asal-Usul Rawa Pening Semarang: Bermula dari Kutukan Ular Naga?

Menu sajian ini juga mudah ditemukan di tempat-tempat kuliner di Kabupaten Grobogan, khususnya di Kota Purwodadi. Salah satunya adalah Kedai Makan Purwati yang menyuguhkan Sup Becek Iga dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp25.000 per porsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya