Sup Asem Asem Iga, Olahan Sapi Favorit di Banyumas

Di Banyumas, terdapat menu khas daging kurban di setiap perayaan  Hari Raya Idul Adha, yaitu Asem-Asem Iga Sapi Khas Banyumas.
Sup Asem Asem Iga, Olahan Sapi Favorit di Banyumas
SOLOPOS.COM - Asem Asem Iga Sapi Banyumas (Instagram/@yuli_susie)

Solopos.com, BANYUMAS -- Di Banyumas, terdapat menu khas daging kurban di setiap perayaan  Idul Adha, yaitu Asem-Asem Iga Sapi Khas Banyumas. Berdasarkan pantauan Solopos.com melalui kanal Youtube Dapur Yogi, Senin (28/6/2021), Asem-Asem Iga Sapi merupakan olahan daging sapi dengan komposisi bumbu dasar sayur asem-asem, yaitu 3 buah tomat hijau, 5 buah cabe hijau, 5 buah belimbing wuluh untuk rasa keasaman, 12 cabe rawit merah untuk memberikan sensasi pedas, air secukupnya dan Iga Sapi itu sendiri.

Bumbu-bumbu lainnya ada 9 siung bawang merah iris halus, 5 siung bawang  putih iris halus, jahe geprek, lengkuas geprek, 2 ½ sdm guka pasir, penyedap rasa secukupnya, 3 lembar daun saalam, 3 sdm kecap manis atau secukupnya, 3 sdm asem jawa yang dilarutkan dengan air.

Tahap pembuatannya, daging iga direbus atau dipresto terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit supaya dagingnya lunak, kemudian tumis bawang merah dan  putih sampai harum, setelah itu tambahkan daun salam, jahe dan cabe rawit, kemudian tumis hingga harum.

Baca Juga : Nasi Pecel Kecombrang Khas Banyumas, Kuliner Sehat Favorit Pejabat

Setelah tumisannya harum, masukan bumbu yang ditumis ke  kuah iga sapi dengan catatan, air kuah pada rebusan iga adalah air baru, bukan air bekas merebus. Setelah mendidih, tambahkan tomat hijau, belimbing wuluh, buncis, garam, gula pasir, lada bubuk secukupnya, asem jawa, penyedap rasa dan kemudian masak hingga 15 menit atau sampai bumbu meresap  di iga sapi dan kuahnya. Tambahkan juga kecap manis sesuai selera bagi yang suka dengan kecap manis.

Sajian Asem-Asem Iga Sapi ini bisa dinikmati dengan nasi hangat dan juga aneka makanan sampingan, seperti kerupuk udang, tahu/tempe goreng dan masih banyak lainnya. Asem-asem sendiir merupakan makanan khas Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sesuai namanya, sajian asem-asem memiliki rasa asam yang berasal dari belimbing wuluh dan asam Jawa.

Baca Juga: PT KAI Yakin KA Baturraden Ekspres Dongkrak Wisata Banyumas

Rasa asam dengan kuah yang bercitarasa memberikan sensasi kesegaran untuk sajian makanan ini, apalagi jika disantap saat masih hangat dan cuaca sedang dingin. Cara membuatnyapun sangat mudah sehingga menjadi sajian yang sering disantap oleh masyarakat Jawa Tengah pada umumnya.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago