Suntik Putih Bikin Penyakit Autoimun Seperti Pengakuan Video Viral?

Sebuah video viral lantaran seorang wanita menyebut suntik putih bikin dirinya mengalami gejala autoimun.
SHARE
Suntik Putih Bikin Penyakit Autoimun Seperti Pengakuan Video Viral?
SOLOPOS.COM - Ilustrasi suntik putih. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Belum lama ini viral video curhatan perempuan yang mengatakan suntik putih bikin dirinya mengalami gejala autoimun. Agar tidak salah informasi simak ulasan selengkapnya di tips kecantikan wanita kali ini.

Video curhatan dari perempuan bernama Vira tersebut diunggah ulang oleh akun media sosial Instagram @lagi.viral. Vira dalam rekaman video curhatannya memperlihatkan kulitnya yang merah-merah karena efek dari suntik putih setelah 2,5 tahun.  Awal mula dia suntik putih pada tahun 2016 akhir sampai awal tahun 2018. Dia mengaku suntik putih di klinik kecantikan dua pekan sekali dengan harga Rp700.000.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Benarkah klaim wanita itu bahwa suntik putih bikin penyakit autoimun? Suntik putih saat ini tak jarang menjadi tren di kalangan wanita yang ingin membuat kulitnya tampak cerah. Hal ini lantaran standar kecantikan wanita Indonesia adalah berkulit putih bersih.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Baca Juga:  Apakah Suntik Putih Aman Dilakukan? Ini Penjelasannya

Namun, perlu dipahami bahwa suntik putih sebenarnya tidak berfokus pada pemutihan pada kulit. Umumnya kandungan suntik ini berisi vitamin C dosis tinggi, glutathione, dan kolagen.

Mengutip laman alodokter.com pada Kamis (23/6/2022), masing-masing dari kandungan ini memiliki manfaat masing-masing bagi kulit.Vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan yang baik untuk kulit. Selain itu, vitamin C juga diketahui memiliki sifat antiaging. Gluthatione merupakan juga salah satu antioksidan. Sedangkan kolagen bukanlah untuk memutihkan, melainkan untuk menjaga kekenyalan wajah.

Sebelum menjawab pertanyaan apakah suntik putih bikin penyakit autoimun, ketahui terlebih dulu penyakit ini. Penyakit ini adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Hingga saat ini, penyebab pasti terjadinya autoimun belum diketahui dengan pasti.

Baca Juga:  80 Jenis Penyakit Autoimun, Ada 7 Lebih Sering Menyerang Perempuan

Namun terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kondisi ini seperti memiliki riwayat keluarga, obesitas, merokok, menggunakan obat-obatan yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh, paparan bahan kimia atau cahaya matahari, infeksi dan kondisi lainnya.

Apabila Anda hendak melakukan suntik putih, pastikan tidak menggunakannya secara bebas tanpa pengawasan dokter. Penggunaan bahan yang tidak tepat serta dosis yang tidak sesuai dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh. Selain itu, pastikan Anda tidak alergi terhadap produk atau bahan yang akan digunakan.

Baca Juga: Selain Cita Citata, Deretan Artis Ini Mengidap Autoimun

Hingga saat ini, belum ada penelitian mengenai suntik putih menjadi pemicu atau bikin terjadinya autoimun. Konsultasikanlah terkait perawatan yang hendak Anda lakukan dan gunakan dengan dokter spesialis kulit ya, sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan dan dapat memberikan penanganan yang sesuai.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago