SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono, memberikan sambutan dalam pilkades PAW Desa Baturan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Rabu (25/5/2022), di balai desa setempat. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sunarto terpilih sebagai Kepala Desa (Kades) Baturan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Ia meraih suara terbanyak dalam pemilihan kepala desa (pilkades) pengganti antar waktu (PAW) yang diadakan melalui musyawarah desa, Rabu (25/5/2022), di balai desa setempat.

Sunarto memperoleh 26 suara dari 52 pemegang hak suara yang berasal dari perwakilan unsur desa. Sedangkan dua calon lainnya, yakni Muh. Indro Setyo Wibowo memperoleh 21 suara dan Tjeng Haedar memperoleh 5 suara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemilihan tersebut dilakukan secara voting setelah para pemilik hak suara menyepakati dilakukan pemungutan suara. “Semua perwakilan unsur masyarakat yang memiliki hak suara yang berjumlah 52 orang hadir dalam musyawarah pilkades PAW ini. Dan semuanya sepakat agar dilakukan pemungutan suara [voting] untuk memilih calon kepala desa,” ujar Ketua Panitia Pilkades Baturan, Sigit Santoso.

Selanjutnya, panitia segera membuat laporan tertulis hasil pilkades tersebut kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.
Pilkades yang berlangsung sejak pagi hingga siang hari itu berjalan lancar.

Baca Juga: Sakit Strok, Kepala Desa Baturan Colomadu Diberhentikan

Bupati Karanganyar Juliyatmono juga hadir memantau jalannya pilkades. Ia datang bersama Kapolres Karanganyar, AKBP Danang Kuswoyo dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades), Sundoro Budi Karyanto.

Dalam sambutannya Bupati meminta kepada kades terpilih agar segera menyatukan semua unsur masyarakat guna melanjutkan pembangunan desa. Sedangkan bagi calon lain yang tak terpilih agar legawa dengan hasil pilkades tersebut.

“Jabatan kepala desa ini adalah amanah sehingga harus meniatkan diri untuk mengabdi. Bagi calon lainnya mungkin merasa gela. Itu manusiawi, tapi tidak perlu berlama-lama. Segeralah disatukan untuk membangun desa,” ujar Juliyatmono.

Baca Juga: 1 Rumah di Baturan Colomadu Kebakaran, Pemiliknya Mengalami Luka Bakar 25%

Ia juga berpesan agar pelantikan kades terpilih dilakukan segera agar pelayanan masyarakat tidak lama tertunda. Sebagaimana diketahui, Desa Baturan menggelar pilkades PAW setelah Kades Panut Panundiyoko diberhentikan dengan hormat karena sakit pada 10 Februari 2022 lalu. Masa jabatannya semestinya berakhir 21 Maret 2025 atau sisa tiga tahun 11 hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya