SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SUMUR MANGKRAK--Warga memperlihatkan sumur yang dibor oleh PDAM di Dusun Gondang, Desa Pare, Selogiri, Senin (19/9/2011). Sumur bor bantuan itu sudah sekitar setahun terakhir mangkrak dan tidak mengeluarkan air karena belum sempat dipasangi pompa. (JIBI/SOLOPOS/Suharsih)

Wonogiri (Solopos.com)–Warga Dusun Gondang, Desa Pare, Selogiri bisa bernapas lega. Keluhan mereka tentang sumur bantuan yang mangkrak selama setahunan terakhir langsung direspons.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selasa (20/9/2011) pagi, pemerintah kecamatan setempat langsung berkoordinasi dengan PDAM dan menyepakati untuk mengujicoba sumur itu.

Ekspedisi Mudik 2024

Sesuai hasil koordinasi, PDAM memastikan secepatnya mengambil langkah agar sumur itu bisa dimanfaatkan.

“Tadi saya sudah langsung memerintahkan personel di bagian teknik untuk meninjau ke lokasi. Intinya untuk melihat apakah masih bisa dilanjutkan. Kalau masih bisa, tentu akan dioperasikan karena sumur itu akan sangat bermanfaat untuk menambah debit air sumur PDAM yang ada di dekat lokasi sumur itu,” ungkap Direktur PDAM Giri Tirta Sari Wonogiri, Suharno, yang baru sehari sebelumnya dilantik menjadi direktur, kepada wartawan, Selasa.

Terpisah, Camat Selogiri, Bambang Haryanto membenarkan pihaknya telah mengundang pihak-pihak terkait, yakni PDAM dan perangkat Desa Pare untuk berkoordinasi mengenai pemanfaatan sumur yang mangkrak tersebut.

Telah disepakati bahwa sumur itu harus dimanfaatkan untuk kepentingan warga. Namun terlebih dahulu, sumur bor itu akan diujicoba menggunakan pompa yang ada.

Ujicoba itu, kata Bambang, akan diserahkan kepada organisasi masyarakat setempat (OMS) yang dibentuk sebelumnya oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) sebagai pelaksana pengeboran saat bantuan sumur senilai Rp 55 juta itu digelontorkan.

Tentu saja, lanjut Bambang, ujicoba akan dilakukan dengan bantuan dari petugas teknik PDAM. Dari uji coba itu diharapkan bisa diketahui masih layak atau tidaknya sumur itu digunakan, berapa debit airnya, dan sebagainya.

Diberitakan sebelumnya, warga Dusun Gondang, Desa Pare meminta pertanggungjawaban PDAM dan DPU mengenai proyek pengeboran sumur bantuan dari pemerintah yang mangkrak selama setahun terakhir dan tidak bisa dimanfaatkan oleh warga.

(shs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya