SOLOPOS.COM - Kondisi Alun-alun Klaten, Selasa (10/5/2022). Rencananya, Alun-alun Klaten akan ditata ulang sebagai ruang terbuka hijau (RTH). (Solopos.com/Fahmi Ghiffari).

Solopos.com, KLATEN – Kecamatan Klaten Tengah menjadi kecamatan terkecil di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dengan luas hanya 8,92 km persegi.

Meski menjadi yang terkecil, kecamatan tersebut ternyata memiliki tingkat kepadatan penduduk paling tinggi di Klaten. Dengan luas tak sampai 10 km persegi, Kecamatan Klaten memiliki penduduk lebih dari 40.000.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Klaten yang diakses di laman Klatenkab.bps.go.id, Selasa (28/6/2022), Kecamatan Klaten Tengah memiliki penduduk 40.046 jiwa per 2015.

Dengan luas wilayah hanya 8,92 km persegi, rata-rata tingkat kepadatan penduduk di kecamatan terkecil di Klaten itu mencapai 4.489 jiwa per km persergi.

Baca Juga: Kecamatan Terkecil di Klaten, Gak Sampai 10 Km per Segi

Angka kepadatan penduduk itu disusul Kecamatan Klaten Utara yang memiliki luas wilayah 10,41 km persegi dan total penduduk 46.556 jiwa. Itu artinya, rata-rata setiap km persegi di Kecamatan Klaten Utara dihuni sekitar 4.485 jiwa.

Sementara itu, kecamatan paling sepi dengan tingkat kepadatan penduduk paling rendah di Klaten adalah Kecamatan Kemalang.

Bca Juga: Kecamatan Terkecil di Kota Salatiga Punya Gerbang Tol

Tak seperti kecamatan terkecil di Klaten yang secara angka tampak sumpek, Kecamatan Kemalang terdengar longgar dengan luas wilayah 51,66 km persegi dan total penduduk 35.768 jiwa. Tingkat kepadatan penduduk di Kemalang tercatat hanya 692 jiwa per km persegi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya