SOLOPOS.COM - Ilustrasi tol. (Freepik)

Solopos.com, SLEMAN — Kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk tidak melepas status hak milik Sultan Ground atau tanah milik Keraton Jogja kepada negara untuk pembangunan Tol Jogja-Solo dan Tol Jogja-Bawen diklaim tak menghambat proses pembangunan. Pengerjaan konstruksi tol tetap akan berjalan sesuai target yakni mulai kuartal IV 2023 pada Seksi 3 atau ruas Jogja-YIA.

Pejabat Humas Jogja Solo Marga Makmur (JMM), Rahmat Jasiman, menjelaskan perseroan sebagai pengelola Tol Jogja-Solo akan mendukung segala keputusan yang diambil stakeholder yang berwenang. “Yakni Pemerintah Pusat, Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Lembaga Manajemen Aset Negara,” ujarnya, Selasa (31/1/2023).

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Ia belum bisa menjelaskan bagaimana mekanismenya apabila kepemilikan Sultan Ground tidak dilepaskan. “Untuk mekanismenya, skema jangka panjang, tapi masih dalam pembahasan. Tak menutup kemungkinan berupa bagi hasil. Tetapi kami belum bisa menjelaskan skema detailnya seperti apa,” kata dia.

Meski demikian ia menyebutkan hal ini belum berpengaruh terhadap target pengerjaan konstruksi Tol Jogja-Solo terutama Seksi 3. Saat ini, proses pembangunan Tol Jogja-Solo masih sesuai target dan menjangkau wilayah Jawa Tengah (Jateng).

“Sampai saat ini masih sesuai target,” ungkapnya.

Pengerjaan konstruksi Tol Jogja Solo di wilayah Jogja baru akan dimulai pada kuartal IV 2023, dimulai dari Seksi 3, yakni sepanjang Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman, sampai dengan Bandara Yogyakarta International Airport atau Tol Jogja-YIA.

“Target konstruksi di kuartal 4 tahun 2023,” katanya.

Sementara, pengerjaan konstruksi Seksi 1 Tol Jogja-Solo dari Purwomartani sampai Maguwoharjo dan Seksi 2 dari Maguwoharjo sampai Gamping lewat Ring Road utara dikerjakan setelah Seksi 3 selesai.

“Konstruksi di wilayah Jogja dilewati dulu. Dari Seksi 1 [Kartasura-Purwomartani] langsung ke Seksi 3 arah Bandara YIA Kulonprogo,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya